Tokoh Masyarakat Adat Sesalkan, OTSUS Papua di Perpanjang Tanpa Melalui Koordinasi

Juli 17, 2021
Sabtu, 17 Juli 2021
Foto: Anton Felle, Tokoh Masyarakat Adat dan Kepala Suku Yobe


JAYAPURA - PAPUA, BHINNEKANEWS71.Com
- Menanggapi otonomi khusus (Otsus) Papua oleh tokoh masyarakat adat Anton Felle, mengatakan Otsus itu apa?, tidak menyentuh masyarakat adat Sentani, Senin ( 17/7/2021), kepada wartawan BHINNEKANEWS71.Com saat mendatangi Anton di rumahnya yang berada di wilayah Komba Kabupaten Jayapura.

Menurut perkataan Anton Felle dia sendiri sebagai tokoh masyarakat adat di kampung yobeh tidak mendapat informasi tentang keuangan Otsus itu seperti apa dari pemerintah. Bahkan masyarakat juga tidak mengetahui jika Otsus itu sudah di perpanjang dan di sahkan oleh pemerintah pusat, Kamis 16 Juli.

Di sesalkan kenapa tidak ada surat atau sosialisasi kepada kami sebagai tokoh masyarakat dan juga kepala suku lainnya terkait perpanjangan Otsus.

Andai kata Otsus itu bisa menyentuh ke masyarakat adat di seluruh tanah Papua maka pasti masyarakat tidak susah tentang ekonomi.

"Saya pikir dana itu terlalu besar untuk sejahterakan Orang Asli Papua (OAP)tapi ternyata kita hanya duduk dan  mendengar saja nama Otsus tapi anggarannya tidak menyentuh,” paparnya.

Anton Felle mengatakan jika Otsus yang pernah menyentuh kami masyarakat itu  pada waktu jaman Barnabas Suebu kami rasakan berupa  program perumahan.

Setelah itu di tahun 2021 yang kami rasakan tidak menyentuh seharusnya seperti kami ini bagiannya ada dan memang sempat mendengar informasi di radio terkait Otsus tapi kenapa tidak ada sosialisasi dan pemberitahuan kepada kami toko masyarakat adat,” ujarnya.

Sampai hari ini masyarakat belum mengetahui jika pemerintah pusat sudah mengambil keputusan bahwa OTSUS di perpanjang tanpa berkoordinasi dengan tokoh masyarakat adat,” tandasnya.

(Yakonias M)

Thanks for reading Tokoh Masyarakat Adat Sesalkan, OTSUS Papua di Perpanjang Tanpa Melalui Koordinasi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Tokoh Masyarakat Adat Sesalkan, OTSUS Papua di Perpanjang Tanpa Melalui Koordinasi

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *