DPD HAPI Sukses Konferensi Pertama Kali di Papua

Juni 28, 2021
Senin, 28 Juni 2021

 

JAYAPURA - PAPUA, BHINNEKANEWS71.Com - Himpunan Advokad/Pengacara Indonesia (HAPI) adalah Organisasi Advokat yang baru pertama kali membentuk Dewan Pimpinan Daerah dan telah sukses menyelenggarakan Konferensi Daerah yang pertama kali di Papua dan juga merupakan Konferensi Daerah HAPI yang pertama di Indonesia yang mana keanggotaan HAPI mayoritas Advokat Muda berbakat yang ada di Seluruh wilayah Papua. 

Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Integritas dan loyalitas Antar Kader DPD HAPI Provinsi Papua”. 

Adapun sambutan yang disampaikan langsung oleh Ketua Panita Konferda DPD HAPI Provinsi Papua bapak Isai Wuritimur, SH, MH. Memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh pengacara yang sangat antusias terlibat duduk dan berhimpun bersama mengadakan konferensi daerah yang pertama kali dilaksanakan oleh HAPI Provinsi Papua yang di selenggarakan di Kota Jayapura ini. Djafar Ely, SE. MM.Wakil ketua umum DPP HAPI. Senin (28/6/21).

HAPI adalah organisasi yang bekerja untuk masyarakat dan bagian dari penegak hukum yang tidak di biayai oleh Pemerintah, DPR, Maupun MPR ,dengan pernyataannya ini kami akan memberikan rasa keadilan kepada klien atau lawan.

HAPI mempunyai visi dan misi yang sangat jelas yaitu membentuk Kader - kader professional bagi masyarakat dalam mencari keadilan dan mencari kenyamanan dalam proses Hukum yang akan dijalankan, juga menjelaskan bahwa hukum itu harus di berada ditengah – tengah tidak menimbang sebelah.

Ketua organisasi keanggotaan DPP OKK HAPI Dr.(C) Tasrif, SH MH l, HAPI ini sudah berada di seluruh indonesia, hanya saja ada kevakuman yang terjadi di beberapa daerah. Namun yang terpenting ada 3 jangka yang menjadi perencanaan kami yaitu "jangka pendek ,menengah dan jangka panjang akan kami tempuh ke depan.

Jangka Pendek berupa: konsolidasi, Jangka Menengah berupa: optimisme, dan Jangka Panjang yaitu: Masyarakat itu sendiri dapat dengan mudah mengakses HAPI atau mencari keadilan dengan melalui teknologi yang lagi maju di dunia modern sekarang ini

Saat ini untuk Rasio Advokat dan jumlah Penduduk masih jauh, jadi HAPI akan mencetak kader-kader Advokat Muda yang berkualitas dengan sosialisasi dengan teknologi agar seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui tentang hukum melalui organisasi HAPI Provinsi Papua. 

Oleh karena itu harus dilihat dari sisi Intensif, Sosiologi dengan mengedepankan Filosofi yang ada ditengah masyarakat.

Ketua DPD HAPI Papua, Kedepannya HAPI Papua pastinya harus dikenal oleh masyarakat, dengan merangkul semua masyarkat baik masyarakat Adat maupun sampai ke lembaga pemerintahan yang ada di Tanah Papua.

Harapan besar kepada Pemerintah Papua dapat bekerja bersama sebaik mungkin yang berkaitan dengan Bidang Hukum, harus lebih eksis  ke depannya, bahwa HAPI lebih berkualitas tidak kalah dari Organisasi Advokat lainnya yang ada di wilayah Papua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Harapan untuk Advokat muda HAPI Papua adalah organisasi yang merangkul dan mewadahi,menginspirasi juga membangun advokat- advokat muda yang berpotensi juga jujur jangan jadi advokat mafia hukum, jika terjadi pelanggaran maka harus dikenakan kode etik yang berlaku dalam organisasi HAPI baik dengan teguran ataupun tindakan hukum sesuai dengan pelanggaran yang berlaku.

HAPI memiliki misi khusus yaitu mengajarkan kepada anggotanya agar dapat  bertanggung jawab sebagai bagian dari Aparat penegak hukum untuk tidak melanggar hukum.

HAPI dan Pemerintah harus bekerjasama lebih intens agar dapat mensosialisasikan dan mengenalkan tentang Hukum kepada masyarakat tentang Keadilan hukuman yang sebenarnya.

Dengan adanya Konferensi Daerah yang sukses dilaksanakan di Provinsi Papua dan dengan terbentuknya Kepengurusan yang baru di Wadah DPD HAPI Provinsi Papua dapat mengakomodir dan menjadi Acuan kepada Masyarakat dan Pemerintah dalam menciptakan Supremasi Hukum yg lebih Baik kedepannya dalam menghadapi kemajuan Teknologi.

(Yakonias M)

Thanks for reading DPD HAPI Sukses Konferensi Pertama Kali di Papua | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on DPD HAPI Sukses Konferensi Pertama Kali di Papua

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *