Luncurkan aplikasi E-KATSINOV UNAND Berikan Inovasi Pengukuran Tingkat Kesiapan Inovasi Produk

Juni 27, 2021
Minggu, 27 Juni 2021

 

Foto: Prima Fitrhi MT, Dosen Tehnik Industri dan STP UNAND

PADANG - SUMBAR, BHINNEKANEWS71.Com - Universitas Andalas (UNAND) akan segera meluncurkan sebuah aplikasi E-KATSINOV untuk pengukuran tingkat kesiapan inovasi produk hasil riset Universitas Andalas. Setiap Perguruan Tinggi memiliki produk hasil riset yang memiliki inovasi.

Dosen Teknik industri dan sekretaris science techno park (STP) UNAND Sumatera Barat, Prima Fitrhi MT, pada Minggu (27/6/2021). Mengungkapan,

Bahwa saat ini Unand memiliki 182 produk inovasi yang telah dilaunching ketika peresmian Science Techno Park (STP) Unand oleh Menteri Ristekdikti BRIN, Bambang Brodjonegoro, pada Oktober 2020 lalu.

Berbagai produk tersebut dihasilkan oleh inventor Unand yaitu Dosen Unand. 

Prima Fitri MT, atau yang akrab di Panggil Ibu Ima juga menjelaskan bahwa semua produk tersebut berpotensi untuk dikomersialisasikan dan dapat dilirik industri. akan tetapi masih belum banyak produk hasil riset yang telah komersil.

"Permasalahan yang terjadi adalah Unand belum mempunyai produk inovasi hasil riset untuk dikomersialisasikan sehingga produk-produk tersebut kurang diketahui oleh banyak orang dan industri. Permasalahan lainnya mungkin juga inventor belum mengetahui tingkat kesiapan inovasi dari produknya," kata Prima Fitrhi.

Untuk menjawab permasalahan diatas, Unand meluncurkan sebuah aplikasi tentang pengukuran produk-produk tersebut yaitu E-Katsinov (Tingkat Kesiapan Inovasi). E-Katsinov disusun dalam enam tingkat dan tujuh aspek kunci yang meliputi teknologi, pasar, organisasi, kemitraan, risiko, manufaktur, dan investasi. Aplikasi atau alat ukur ini diharapkan dapat mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan inovasi produk hasil riset Unand, agar dapat dikomersialisasikan, dapat diketahui oleh banyak orang dan memiliki daya saing, jelasnya.

Dosen Prima Fitrhi MT, Menerangkan juga bahwa Katsinov di pakai untuk mengetahui berapa nilai Katsinov untuk produk  yang menjadi target luaran dan indikator pencapaian Inventor dapat menghitung sendiri nilai Katsinov nya. Kemudian solusi berikutnya memberikan evaluasi terhadap kekurangan yang terdapat dari hasil nilai Katsinov produk hasil riset, Sehingga Investor mengetahui indikator mana yang mendapatkan nilai rendah untuk nilai Katsinov nya, dan yang menjadi indikator capaian adalah perbaikan dari segi indikator yang memiliki nilai rendah.

Lanjut Prima Fitrhi menerangkan tujuan dari pengukuran dan penetapan Katsinov adalah untuk: 

Mengetahui status kesiapan atau posisi dalam siklus hidup inovasi, mengurangi risiko kegagalan dalam pelaksanaan inovasi, mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program atau kegiatan inovasi, mendorong pelaksanaan inovasi melalui proses perencanaan secara sistematis mulai dari penciptaan ide, penyusunan konsep, sampai pada menghasilkan produk inovasi yang berdaya saing di pasar. Katsinov ini dirancang dengan menterjemahkan dari Katsinov-meter yang telah dikeluarkan Ristekdikti. E-Katsinov Unand dapat diakses melalui link http://e-katsinov-unand.com/. akan tetapi link ini belum secara resmi diedarkan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unand, Uyung Gatot S Dinata, mengatakan diharapkan dengan aplikasi ini dapat mendorong inventor untuk lebih banyak menghasilkan produk inovasi dengan menilai kesiapannya terlebih dahulu.

Angka Katsinov ini sangat berguna untuk indikator Kinerja Inovasi Perguruan Tinggi. semakin banyak produk yang telah siap untuk inovasi, semakin tinggi nilai kinerja inovasi suatu perguruan tinggi. Dua tahun belakangan Unand telah meraih ranking 7 dan 14 untuk kinerja inovasi. Diharapkan tahun ini Unand dapat lebih baik untuk mendapatkan ranking yang lebih baik lagi. tutupnya. 

Source: Rio - Padang

Thanks for reading Luncurkan aplikasi E-KATSINOV UNAND Berikan Inovasi Pengukuran Tingkat Kesiapan Inovasi Produk | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Luncurkan aplikasi E-KATSINOV UNAND Berikan Inovasi Pengukuran Tingkat Kesiapan Inovasi Produk

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *