Merasa Didiskreditkan, DLH Kabupaten Serang Panggil Pihak PT CBP

Juni 19, 2021
Sabtu, 19 Juni 2021

 


SERANG - BANTEN, BHINNEKANEWS71.Com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KabupatenSerang Banten memanggil PT Citra Buana Pasta (CBP) guna membahas persoalan pengelolaan lingkungan.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala DLH Sri Budi Prihasto menyinggung atas pernyataan perwakilan PT CBP Darwin yang dilontarkan di media, seolah-olah mendiskreditkan DLH Kabupaten Serang.

“Saya baca di situ (media) Pak Darwin seolah melemparkan masalah (pencemaran lingkungan ) ini ke Dinas Lingkungan Kabupaten Serang,” kata Sri Budi, Kamis (17/6/21)

Padahal, lanjut Sri Budi, DLH itu mempunyai fungsi mengawasi kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan, ketika terjadi adanya pengaduan.

“Ini adalah pengaduan masyarakat terkait adanya limbah di lingkungan pabrik bapak,” lantang diucapkan Sri Budi.

Dia menegaskan, DLH tidak ada kewenangan untuk menyuruh atau istilahnya melakukan, siapa yang harus mengerjakan.

“Tapi, ketika Pak Darwin meminta saran ke bu Lili, siapa yang biasa melakukan pekerjaan ini? seperti pihak konsultan dan pihak yang melakukan penyedotan limbah tersebut. Itu sifatnya hanya menyampaikan saja, atau memberitahukan yang biasa melakukan hal tersebut,” kata dia.

“Mau dipakai atau tidak tergantung bapak, bukan tergantung bu Lili,” tandas Sri Budi

Menurutnya, pernyataan itu seolah- olah menyudutkan DLH yang mengerjakannya.

“Bukan itu sebetulnya. Yang kita lakukan itu, hanya memberikan saran kepada bapak, yang menentukan bapak. Justru kami ingin membantu, karena dalam surat teguran itu kan ada batas waktu, supaya secepatnya dilakukan perbaikan. Makanya, kalau bapak bertanya siapa orang yang  dapat mengerjakannya, ya kami kasih tau. Tapi, yang melakukan keputusannya kan, bapak. Karena yang membayarnya kan perusahaan bapak,” kata Sri Budi.

Dia berharap, kedepannya pihak perusahaan secepatnya mengerjakan yang harus diselesaikan, masih ada sisa waktu.

“Kalau penanganan yang sudah ada di dalam, kita sudah  tinjau kemarin, sudah dilakukan. Kalau saran- saran bu Lili sudah bisa dikerjakan, supaya bahan-bahan material  tidak keluar mengalir. Kemudian air kran yang semula juga, jangan sampai ditutup,” kata Sri Budi.

Di tempat yang sama Darwin menyanggah ucapannya. Dia mengatakan apa yang dia sampaikan disalahtafsirkan.

Meski begitu Darwin mengakui kesalahannya, “Saya salah, salah ngomong, namanya emosional, saya mungkin terlalu tinggi, jadinya segala urusan jadi masalah begini,” sesal Darwin.

Diberitakan sebelumnya, puluhan wartawan dari beberapa kelompok kerja (Pokja) mendemo PT CBP di Kawasan Pancatama, Desa Leuwilimus, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (15/06).

Aksi tersebut buntut dari dugaan pengusiran dan penghalangan wartawan yang hendak mengkonfirmasi terkait pembuangan limbah B3 yang keluar ke saluran drainase yang mengalir bebas di kawasan, bahkan alirannya menuju permukiman warga.

Usai berorasi empat perwakilan wartawan diterima perusahaan untuk melakukan mediasi, disaksikan Kapolsek Cikande Kompol Salahudin dan Wakapolsek AKP Dadang serta beberapa aparat kepolisian.

Namun mediasi terkait pencemaran lingkungan berakhir deadlock. Sedangkan untuk penghalangan tugas wartawan, perusahaan hanya memberikan sanksi surat peringatan kepada oknum sekuriti tersebut.

"Soal Satpam itu urusan kami, bisa saya kasih surat peringatan," kata Darwin, perwakilan PT CBP.

Namun saat ditanya soal pencemaran lingkungan dengan nada keras Darwin melemparkan masalah ini ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang.

"Soal pencemaran kamu tanyakan ke LH bukan ke saya, soal IPAL tanya LH ya, tanya ke LH semua, kamu konfirmasi terus ke LH itukan urusan kamu sama LH," ucap Darwin.

Walau akhirnya Darwin meminta maaf kepada perwakilan wartawan, namun para audiensi akan tetap melayangkan surat ke DLH Kabupaten, Provinsi bahkan kekementrian, soal dugaan pencemaran lingkungan oleh PT CBP. (*/red)

Thanks for reading Merasa Didiskreditkan, DLH Kabupaten Serang Panggil Pihak PT CBP | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Merasa Didiskreditkan, DLH Kabupaten Serang Panggil Pihak PT CBP

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *