Prosesi Masuk "MINANG" Sekaligus Antar Mas Kawin

Juni 25, 2021
Jumat, 25 Juni 2021

 


JAYAPURA - PAPUA, BHINNEKANEWS71.Com - Pada hari ini prosesi pengantaran masuk Minang dan sekaligus antar  maskawin oleh keluarga Warwe ronsumbre kepada keluarga Agus Awom.

Kata,”  Sangeuw acara masuk minang sekaligus antar maskawin, Kamis (24/06/2021) di tempat Apeo Gunung telah berlangsung di rumah keluarga besar Agus Awom.

Acara antar maskawin dari keluarga Warwe Ronsumbre kepada keluarga Agus Awom yang di sampaikan kepada pihak pertama Warwe pertam nilai uang sebesar 10 juta rupiah dan piring resa – resa sebanyak 2 buah dan piring besar 1 buah kemudian di tambah dengan 1 buah more – more,” tuturnya.

Tahap kedua adalah bagian ibu yaitu uang susu sebesar 10 juta rupiah dan perlu di ketahui tahap pertama ada 5 juta dan pada tahap kedua 5 juta,” ungkapnya.

Kami catat di tamba 1 piring besar kami catat sebagai nilai untuk uang susu,” katanya.

Tahap ketiga adalah untuk keluarga besar terdiri dari uang kes langsung sebesar 3,5000,000 juta rupiah.

Kemudian ada catatan di keluarga jika piring besar ada 60 buah dan piring makan sebanyak 181 buah kurang lebih di tambah dengan more – more. Harta atau maskawin yang di sebutkan di terima oleh keluarga Agus Awom.

Selanjutnya di sebut pihak kedua dengan demikian berita acara ini di buat dan di tanda tangani oleh tiga belah pihak baik pertama dan kedua sebagai bukti pembayaran dan penerimaan harta maskawin pada hari ini.

Jelasnya,” Jayapura 24 Juni 2021 dari pihak pertama fredik Warwe dan pihak kedua Agus Awom dan saksi – saksi dari pihak laki – laki Warwe dan mambyeuw sanggeuw.

Lanjut,” saksi dari pihak perempuan frangki Awom, Anis bokorsyom, Markus bokorsyom demikian pembacaan berita acara maskawin yang telah di antarkan pada siang hari ini.

Adapun penyampaian dari pihak laki – laki, Fredik Warwe jika  bukan saja dari kami keluarga Warwe atau ronsumbre tapi dari semua pihak sangat di hargai tuhan akan mengembalikan apa yang terbaik untuk kita semua,” ucapnya.

(Yakonias M)

Thanks for reading Prosesi Masuk "MINANG" Sekaligus Antar Mas Kawin | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Prosesi Masuk "MINANG" Sekaligus Antar Mas Kawin

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *