"Noken" Tas Tradisional Ciri Khas Papua dan Diakui oleh UNESCO

Juli 16, 2021
Jumat, 16 Juli 2021


JAYAPURA - PAPUA, BHINNEKANEWS71.Com -  Noken merupakan ciri khas Tas tradisional  Papua dan menjadi warisan dunia di akui oleh UNESCO yang di buat oleh mama asli Papua kemudian di jual untuk dapatkan uang memenuhi kebutuhan sehari mereka, salah satunya mama Bunay, pada Jumat (16/7/2021) saat di temui wartawan, BHINNEKANEWS71.Com, Sedang berjualan di jalan sosial Sentani, Kabupaten Jayapura, Pamerkan hasil kreatifitas supaya di beli oleh peminat Noken.

Pada umumnya Noken di gunakan untuk isi barang namun bagi orang asli di gunakan mengisi buah pinang dan sirih kapur.

Kata Mama Bunay, Noken Papua ini ada 2 (macam yaitu noken dari benang manila dan serat kulit kayu genemo hutan," ujarnya.

Selain dari serat Kulit kayu genemo ada juga dari serat kulit kayu lainnya yang tidak sempat di sebutkan namanya karena menurut mama Bunay kulit kayu itu sendiri dia tidak tahu dan mengatakan sangat  langkah hanya bisa di dapatkan oleh masyarakat yang suka mencari gaharu dan hanya terletak dihutan pegunungan Nabire paniai," kata dia.

Pembuatan noken berwarna warni sendiri terbuat dari benang Manila sedangkan noken berbentuk jaring ikan berwarna coklat muda dan tua itu dari kulit kayu genemo atau kulit kayu lainnya.

Noken sangat Unik beraneka ragam indah dengan warna menunjukan ciri khas Papua,

Mama Bunay yang tinggal di sosial kompleks taruna asli dari Nabire kecamatan Paniai mengatakan, "Untuk kreatif noken benang Manila penyelesaiannya paling lama di anyam 3 hari baru bisa hasilkan noken dan untuk noken serat kayu paling lama 1 sampai 2 Minggu karena proses kulit kayu mulai dari tahap mencari di hutan kemudian harus hilangkan getah dengan di pelintir," terangnya.

Kemudian untuk harga bervariasi, harga  noken Manila Rp. 100,000 sampai Rp 1500,000 sedangkan noken kulit kayu Rp 200,000 sampai dengan Rp.350,000 

Kemudian pendapatan seharian hanya tergantung peminat Noken,” papar Mama Bunay Pengrajin Noken Papua.

(Yakonias M)

Thanks for reading "Noken" Tas Tradisional Ciri Khas Papua dan Diakui oleh UNESCO | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on "Noken" Tas Tradisional Ciri Khas Papua dan Diakui oleh UNESCO

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *