STP UNAND Selenggarakan Webinar dengan Mengusung Tema "Pentingnya Tingkat Kesiapan Inovasi E- Katsinov" Untuk Produk Hasil Riset Perguruan Tinggi

Juli 06, 2021
Selasa, 06 Juli 2021



KOTA PADANG - SUMBAR, BHINNEKANEWS71.Com - Universitas Andalas STP Unand menyelenggarakan Webinar Series-1 Science Techno Park (STP) Universitas Andalas dengan mengusung tema “Pentingnya Tingkat Kesiapan Inovasi (Katsinov) untuk Produk Hasil Riset Perguruan Tinggi pada Selasa, 6 Juli 2021 pukul 09.00 – 12.00 WIB melalui Zoom Meeting.Kegiatan yang juga di siarkan disiarkan langsung di youtube stp unandhttps://www.youtube.com/watch?v=xcjioNP8ISo

dimana Webinar ini dilaksanakan oleh Ketua Pusat Layanan Pendukung STP Unand yaitu Prima Fithri, ST, MT dan sekaligus menjadi Moderator dalam webinar ini.

Prima Fitri merupakan pemberi ide pembuatan aplikasi E-Katsinov agar dapat memudahkan Dosen-dosen Unand untuk mengukur tingkat Katsinov mereka, sehingga tidak perlu melakukan pengukuran secara manual lagi. Acara ini dibuka dan sekaligus diresmikan oleh Wakil Rektor IV Unand yaitu Dr. Hefrizal Handra, M. Soc. Narasumber acara ini diisi oleh Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si, beliau merupakan Dirjen Penguatan Inovasi - Kementeri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Ketua STP Unand, Dr. Eka Candra Lina, SP, M.Si mengatakan dan berharap dengan adanya Launching E-Katsinov seluruh dosen unand dapat mengukur tingkat inovasi hasil produk riset mereka sehingga produk mereka dapat dikomersialisasikan dengan baik.

"Katsinov dapat memberikan informasi kepada perusahaan, institusi, lembaga, inventor maupun inovator tentang sejauh mana inovasi produk mereka saat ini" ujar Dr Eka.

Ketua LPPM Unand  Dr. Ing. Uyung Gatot S. Dinata MT, juga memberikan kata sambutan dalam acara ini, Dia mengatakan “Dengan adanya E-Katsinov ini diharapkan kita mampu mengetahui dimana kekurangan inovasi produk kita sehingga bisa menginterpresi produk-produk sehingga dapat bersaing di pasar dan dapat dimanfaatkan lebih jauh lagi baik secara nasional maupun internasional”.

Wakil Rektor IV Unand, Dr. Hefrizal Handra, M. Soc. mengatakan bahwa “Dengan  adanya narasumber Bapak Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si diharapkan dapat memberikan masukan langkah-langkah apa yang akan dilakukan dalam meningkatkan produk inovasi Unand sehingga dapat memberikan nilai tambah produk tersebut," urainya.

Begitu banyaknya antusias dari peserta webinar dan launching E-Katsinov ini, lebih dari 120 peserta mengikuti acara ini. Peserta terdiri dari Dosen Universitas Andalas, UMKM, Inventor dan Inovator yang berhubungan dengan Universitas Andalas.

Mengutip dari yang disampaikan Narasumber Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si yaitu.

"Banyak obyek pengukuran dalam mengukur tingkat Katsinov produk, yaitu hasil pemikiran, penelitian, pengembangan, penerapan, dan/atau perekayasaan, teknologi yang telah diukur mencapai minimal TKT7 (Tingkat Kesiapterapan Teknologi level 7)” terangnya lagi.

Banyak harapan yang timbul dari Launching-nya E-Katsinov ini, semoga kedepannya produk-produk inovasi hasil riset dosen Unand mampu mencapai Katsinov Meter dan TKT7 sehingga semua produk dapat bersaing di pasar dan mampu bermanfaat untuk banyak orang, dan bisa menembus pasar Nasional maupun Internasional," harap Dia

(Rio Dalta)

Thanks for reading STP UNAND Selenggarakan Webinar dengan Mengusung Tema "Pentingnya Tingkat Kesiapan Inovasi E- Katsinov" Untuk Produk Hasil Riset Perguruan Tinggi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on STP UNAND Selenggarakan Webinar dengan Mengusung Tema "Pentingnya Tingkat Kesiapan Inovasi E- Katsinov" Untuk Produk Hasil Riset Perguruan Tinggi

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *