Dispora Mensosialisasikan Senam Yospan Sebagai Kearifan Lokal Budaya Papua Diperkenalkan

Agustus 05, 2021
Kamis, 05 Agustus 2021


JAYAPURA - PAPUA, BHINNEKANEWS71.Com -   Pembukaan Pemanfaatan kegiatan olahraga dalam rangka melestarikan  yospan  tradisional dalam masyarakat yang di laksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Kabupaten Jayapura pada hari, Kamis (5/8/2021) Sore di Stadion Barnabas Youwe.

Adapun tujuan  kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan yospan disekolah supaya dapat dilestarikan sekaligus memperkenalkannya sebagai kearifan lokal Senam budaya orang asli Papua.

Kemudian kita lihat Animonya anak – anak SD itu memang  sangat luar biasa  karena didaftar yang  kami minta150 tapi dua ratusan yang datang, ini menjadi motivasi  bagi kami supaya bagaimana kegiatan sosial inj bisa  berkelanjutan di tahun berganti tahun untuk dilestarikan yospan tradisionalnya,” tuturnya.

Nelson Pasaribu. Selaku Sekretaris Dinas Pemuda Dan Olahraga mereka akan memulai olahraga senam yospan ke tingkat Distrik dan target mereka 23 anak sekolah SD yang di ikutkan setiap SD 5 orang sekaligus dengan gurunya.

Kemudian 5 Orang  dari masing - masing Perwakilan SD itu nantinya yang akan menjadi duta supaya dapat mengajari teman  - teman sesama SD," katanya.

23 anak sekolah ini adalah perwakilan dan jika  jangka panjangnya kita buat Yospan  Sekabupaten Jayapura maka ke depan kita sudah punya sendiri  regu atau team  yospan tradisional untuk Kabupaten Jayapura,”jelasnya.

Dasar yospan, Gale Gale, seka, pacul tiga dan jet  itu merupakan salah satu Kearifan lokal budaya Papua yang harus di perkenalkan sehingga, Harapan kami dari DISPORA untuk kegiatan ini ke depan akan ada kerjasama antara DISPORA dan Dinas Pendidikan  sekaligus mempersiapkan yospan tradisional ini  lebih mapan di tahun 2022 mendatang,” tandasnya.

(Yakonias M)

Thanks for reading Dispora Mensosialisasikan Senam Yospan Sebagai Kearifan Lokal Budaya Papua Diperkenalkan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Dispora Mensosialisasikan Senam Yospan Sebagai Kearifan Lokal Budaya Papua Diperkenalkan

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *