Dijanjikan Jadi PRT, Warga Serang Ditipu Jadi PSK di Timur Tengah

Oktober 29, 2021
Jumat, 29 Oktober 2021


Foto: Ilustrasi. BP2MI menindaklanjuti laporan ada warga Kabupaten Serang yang semula dijanjikan penempatan jadi PRT, justru dijadikan PSK di Timur Tengah.


SERANG, BHINNEKANEWS71.Com -- Seorang warga Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, Banten, berinisial SH dipaksa menjadi Pekerja Seks Komersil (PSK) di Dubai. Berdasarkan informasi yang dihimpun, SH sudah empat bulan berada di sebuah negara di kawasan Timur Tengah. Jum'at (29/10/21). 

Mulanya, SH dijanjikan bekerja sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT), namun setelah berada di Timur Tengah dia malah dipekerjakan sebagai PSK. Kasus ini pun saat ini tengah ditindaklanjuti Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Serang.

"Intinya untuk kasus PMI (Pekerja Migran Indonesia) WNI atas nama SH ini, sudah kita tindak lanjuti dengan bersurat ke BP2MI yang ada di Jakarta, khususnya ditunjukkan ke direktorat perlindungan dan pemberdayaan kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI," kata Budi Nur, Bagian pengaduan UPT BP2MI Serang. Rabu (27/10). 

BP2MI pusat sudah berkoordinasi dengan Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) di Dubai, untuk mengambil langkah penanganan WNI yang dijadikan PSK itu.

Kesimpulan sementara, kata Budi Nur, SH diduga berangkat ke Timur Tengah secara ilegal sehingga kena tipu dari agen pemberangkatan dan penempatan kerjanya.

"Ini adalah risiko dari penempatan PMI (ilegal), di mana sponsor itu memang tidak bertanggung jawab," terangnya.

BP2MI Serang berpesan ke masyarakat agar tidak terkena bujuk rayu oleh agen pemberangkatan yang tidak terdaftar resmi ke pemerintah. Jikapun ingin menjadi PMI di luar negeri, masyarakat diminta berkonsultasi lebih dulu ke Disnaker dan BP2MI yang ada di daerahnya.

"Pesan kepada seluruh masyarakat, agar selalu bertanya kepada dinas terkait atau UPTD BP2MI Serang, dalam hal penempatan keluar negeri. Jangan sampai bertanya kepada orang atau institusi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan," jelasnya.(*) 






































Source: Baca artikel CNN Indonesia "Dijanjikan Jadi PRT, Warga Serang Ditipu Jadi PSK di Timur Tengah" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211027092541-12-712925/dijanjikan-jadi-prt-warga-serang-ditipu-jadi-psk-di-timur-tengah.



Thanks for reading Dijanjikan Jadi PRT, Warga Serang Ditipu Jadi PSK di Timur Tengah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Dijanjikan Jadi PRT, Warga Serang Ditipu Jadi PSK di Timur Tengah

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *