Warek III Undhari Menjadi Pemateri Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital

November 05, 2021
Jumat, 05 November 2021




DHARMASRAYA, BHINNEKANEWS71.Com --Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Kerjasama, dan Humas Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat menjadi pemateri Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021. Kegiatan yang bertema “Tantangan dan Peluang Pembelajaran Jarak Jauh di Saat Pendemi Covid-19 dan Guru Terampil Belajar Daring." Jumat (5/11/2021).

Amar menyampaikan materi tentang Keterampilan Digital: Sukses Belajar Daring dengan Kemampuan Literasi. Dalam pemaparannya Amar mengatakan bahwa untuk sukses belajar daring, ada beberapa yang diperhatikan dan persiapkan, "yaitu mulai dari perencanaan, RPP untuk guru di sekolah dan RPS untuk dosen, kemudiian persiapan pembelajaran ADDIE yaitu analisis, desain, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi" papar Amar. 

Amar melanjutkan, selain itu etika belajar juga mesti diperhatikan, kemudian ada penugasan, dan diakhiri penilaian. "Tipsnya adalah kita mesti memilih aplikasi yang memudahkan dosen, guru, mahasiswa, dan peserta didik dalam berinteraksi secara daring" tambah Amar.



Sementara itu, Zulfadli selaku Presiden Mahasiswa Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) sebagai Peserta Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital mengatakan kegiatan Webinar sangat bermanfaat bagi pengguna Media Online baik itu Siswa, Mahasiswa maupun guru/dosen, serta masyarakat lainnya, dengan materi yang dipaparkan oleh pemateri tadi, memberikan kita pemahaman atas apa yg sebenarnya menjadi permasalahan ataupun kendala kita dalam menggunakan Media, serta memberikan solusi atas apa yg menjadi permasalahan tersebut. 

"Sebagai pengguna media, kita juga menjadi paham bagaimana cara menggunakan media yang baik dan benar, serta apa saja dampak positif dan negatif yang kita dapatkan selama menggunakan Media daring tersebut. Harapan saya, semoga muncul webinar lainnya dengan Tema yang berbeda sehingga kita mendapatkan pengetahuan yang lainnya. 

Vico Benzito dan Dipa Adi Martius beserta tim Literasi Digital Dharmasraya menuturkan kegiatan Webinar diawali dengan sambutan Dirjen Informatika Samuel Abrijani Pangerapan, dengan menampilkan empat orang pembicara yaitu, Azizah Des Derivanti, M.I.Kom., Nursatyo,M.I.Kom., Dr. Amar Salahuddin, M.Pd., dan Gusman Fahrizal, yang dimoderatori oleh Dini Brilianti. "Adapun peserta yang mengikuti webinar ada 676 peserta di zoom meeting, sedangkan yang mendaftar 1.371, peserta sangat antusias, Dharmasraya dan Undhari keren dan luar biasa" tutup Vico. (AS) 

Thanks for reading Warek III Undhari Menjadi Pemateri Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Warek III Undhari Menjadi Pemateri Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *