BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN

Desember 17, 2021
Jumat, 17 Desember 2021

 







Oleh : Roifatun Nur Kahfi

Dipublikasi : BHINNEKANEWS71.Com                                       

        

      Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau kering yang telah di cacah. 

Rokok di bakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat di hirup lewat mulut pada ujung yang lainnya .



    Bahaya rokok bagi kesehatan bukan hanya berbahaya bagi perokok saja tetapi juga bahaya bagi orang sekitar karena efek asap rokok atau perokok pasif.

Peringatan bahaya merokok semakin jelas dengan memberikan gambar efek samping merokok dalam kemasan rokok.

   Menurut Pendapat saya tentang rokok adalah rokok sangat tidak baik bagi kesehatan. Banyak sekali zat kimia yang sifatnya racun terdapat dalam sebatang rokok. Apabila dalam sehari kita menghabiskan 6 batang atau setengah bungkus sudah berapa racun yang di hisap? 

kemudian racun itu terakumulasi bertahun-tahun.

     





 Apa saja kandungan yang terdapat dalam rokok? ternyata sangat banyak kandungan berbahaya yang terdapat dalam rokok , seperti :

• Acrolein ; Pada dasarnya zat ini mengandung alkohon yang pasti mengganggu kesehatan.

• Karbon monoxida ; Gas yang tidak berbau  zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat karbon.

•Nikotin ;  Cairan berminyak tidak berwarna ,zat ini bisa menghambar rasa lapar jadi menyebabkan seseorang tidak lapar karena menghisap rokok.

•Ammonia ; Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan jika disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.



 

    Adapun penyakit berbahaya yang akan di sebabkan oleh kebiasaan merokok,diantaranya yaitu:

•Gangguan paru-paru

   Kanker paru merupakan masalah yang cukup serius dan umum di alami oleh perokok aktif.Seseorang yang tidak pernah merokok masih berpotensi terkena kanker paru,namun perokok aktif tetap berisiko mengalami kondisi ini.


•Kanker mulut

    Rokok memiliki kandungan tembakau yang terdapat kandungan bahan kimia di dalamnya dan berisiko merusak DNA dalam sel yang meningkatkan resiko penyakit kanker.


•Gangguan Lambung

     Akibat kandungan nikotin dan kebiasaan merokok dapat memproduksi asam lambung lebih banyak.


•Kanker kulit

      merokok dapat meningkatkan risiko penuaan dini.Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan,seperti psoriasis.


•Tingkat kesuburan

      kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis. Tidak hanya pada pria, kebiasaan merokok yang dilakukan wanita juga dapat sebabkan ketidaksuburan dan risiko kanker serviks.


• Kanker kandung kemih

      kanker kandung kemih terjadi pada sekitar 40% perokok . Studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang mengarah pada kanker kandung kemih.


•Kanker kerongkongan

       Studi menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan .sekitar 80% kasus kanker esofagus di kaitkan dengan merokok.


• Kanker pencernaan

       Meskipun asap rokok masuk ke paru,tapi ada beberapa asap rokok yang tertelah sehingga meningkatkan risiko kanker gastrointestinal (pencernaan).






Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menghilangkan kebiasaan merokok :

  

1. Berolah raga secara rutin

      Tak hanya membuat tubuh lebih sehat dan bugar, olahraga juga dapat mengurangi kecanduan akan nikotin.


2.Mengonsumsi makanan sehat

    makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan, dapat mengurangi hasrat untuk kembali merokok. Tak hanya itu, makanan sehat juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus mengembalikan selera makan yang berkurang akibat merokok.


3.Membersihkan rumah secara berkala

      Kebersihan rumah juga dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung Anda berhenti merokok. Anda bisa mencuci pakaian, sprei, karpet, atau tirai yang mengandung aroma rokok.


4.Melibatkan keluarga dan teman dekat

       Melibatkan keluarga dan teman terdekat Beri tahu keluarga dan kerabat dekat bahwa Anda sedang dalam proses berhenti merokok. Dengan demikian, mereka dapat membantu dan memberikan dukungan agar Anda selalu ingat akan tujuan berhenti merokok yang ingin dicapai. 


      Kita sebagai generasi muda harus selalu menjaga kesehatan dalam diri kita. Salah satunya yaitu untuk tidak merokok.Karena sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya dampak yang akan timbul bagi kesehatan jika kita mengkonsumsi rokok.

Thanks for reading BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *