Dampak Negatif Narkoba Merusak Masa Depan Generasi Muda

Desember 16, 2021
Kamis, 16 Desember 2021


Karya: Putri Retno Naliza

Dipublikasi: BHINNEKANEWS71.Com


       Seperti yang kita ketahui narkoba adalah bahan/zat yang jika di masukkan ke dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Apa lagi dampak bagi remaja yang masih duduk di bangku sekolah sangat berpengaruh kepada masa depannya yang masih panjang.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dan dewasa ini kian meningkat karena pemuda sebagai generasi semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja yang rata-rata usia 11 sampai 24 tahun.

      

       Narkoba berasal dari tiga jenis tanaman, yaitu (1) candu, (2) ganja, dan (3)koka. Seseorang yang mengonsumsi narkoba tergantung dengan keadaan yang mendorong untuk mengonsumsinya secara berulang-ulang, karena seseorang yang sudah pernah mencoba narkoba dan obat-obat terlarang maka ia akan kecanduan, butuh waktu yang lama dan support dari orang-orang sekitar yang bisa membuat pecandu lepas dari kecanduannya.

       Narkotika digolongkan menjadi tiga golongan, antara lainnya adalah tanaman papavar, opium mentah, opium masak(candu,jicing,jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja.



        



Ganja juga dikenal sebagai sumber narkotika dan kegunaan ini lebih bernilai ekonomi, orang lebih banyak menanam untuk hal ini dan banyak tempat disalah gunakan. Di beberapa negara lain, penanaman ganja diperbolehkan untuk kepentingan pemanfaatan seratnya. Syaratnya adalah varietas yang di tanam harus mengandung bahan narkotika yang sangat rendah atau tidak ada sama sekali. Tanaman ini ditemukan hampir disetiap negara tropis. Bahkan beberapa negara beriklim dingin pun sudah mulai membudidayakannya dalam rumah kaca.

Dari efeknya narkoba bisa di bedakan menjadi tiga, yaitu:

      (1) Depresan, yaitu menekan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tidak sadarkan diri. Jenis narkoba ini antara lain opioda dan berbagai turunannya seperti morphin dan heroin, salah satu contohnya adalah putaw (2) Stimulan, yaitu fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran, contohnya adalah shabu-shabu dan ekstasi (3) Halusinogen, efek utamanya adalah mengubah daya persepsi atau mengakibatkan halusinasi yang kebanyakan berasal dari tanaman seperti mescaline.

        Mungkin kita pernah berfikir bahwa lebih baik tidak ada narkoba di dunia ini. Namun nyatanya tidak, sebagian narkoba itu berguna untuk kepentingan medis, contohnya, LSD bisa mengurangi rasa kecemasan dan juga mengurangi rasa sakit. Penelitian dari Harvard Medical School menunjukan bahwa 7 per 8 dari penderita sakit kepala cluster berkurang rasa sakitnya setelah mengonsumsi LSD.


       Efek samping bagi pengguna narkoba itu sendiri ialah terganggunya syaraf pusat sehingga mengakibatkan kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran dan kerusakan syaraf tepi. Narkoba juga merusak jantung yang mengakibatkan infeksi akut otot jantung dan gangguan peredaran darah.







Jika kita mengonsumsi narkoba, mental dan emosi kita akan menjadi tidak stabil. Keinginan untuk bunuh diri akan sering muncul dipikiran kita. Perasaan depresi, sedih, dan kesal juga akan dirasakan, konsentrasi kita akan terganggu dan membuat kita menjadi lamban dan malas. Bayangkan saja jika dari sekarang penyalahgunaan narkoba tidak dicegah, jika itu terjadi bangsa kita akan hancur. Narkoba akan merajalela dikalangan pelajar, kalangan penerus bangsa indonesia.

      Upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan dengan (1) penyelenggaraan kompetisi film pendek dan musik bertema narkoba (2) memberikan bimbingan konseling pada pelajar, khususnya yang broken home(3) menanamkan nilai bahwa narkoba itu berbahaya pada anak. Semoga bermanfaat. 


Di Share ya Artikel nya sahabat Bhinneka. 

Thanks for reading Dampak Negatif Narkoba Merusak Masa Depan Generasi Muda | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Dampak Negatif Narkoba Merusak Masa Depan Generasi Muda

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *