INTODUCTION TO GRASS FATIMAH (Pengenalan dengan rumput fatimah)

Desember 13, 2021
Senin, 13 Desember 2021
Foto: Ilustrasi Rumput Fatimah. 






Oleh: Ainun Jariyah

Dipublikasi : BHINNEKANEWS71.Com

Senin 13 Desember 2021.


SUMBAR, BHINNEKANEWS71.Com --Rumput Fatimah (Hati-hati tidak seindah namanya!!!) 

          RUMPUT FATIMAH dengan nama latin (Labisa Pumila) dalam Bahasa arab disebut Kaf Maryam (Telapak Tangan Maryam) rumput Fatimah atau labisa pumila merupakan keluarga tumbuhan dari GENUS MYRSINACEAE yang berasal dari negara Malasia dan banyak dijumpai di bawah naungan hutan tropis, di asia tenggara terutama didataran dengan ketinggian kisaran  300 hingga 700 Meter dari permukaan laut, rumput fatimah mempunyai ciri seperti daun yang kecil, dengan batang yang merambat,  tinggi tanaman ini sekitar 30 hingga 40 cm, daunnya berbentuk elips, dengan sisi daun berwarna hijau gelap, dan bagian bawah berwarna hijau muda sampai ungu kemerahan.

Rumput fatimah juga sering menjadi salah satu buah tangan ketika berpulang dari tanah suci dengan kisaran harga persatu ikat sekitar tiga Riyal atau setara dengan Rp.7.500 rupiah, dan di gadang - gadang pada saat ini menjadi tanaman yang sedang viral di berbagai media sosial karena diduga dapat menyebabkan janin meninggal dalam kandungan.


       Apa sih isi kandungan rumput fatimah,?? dan mengapa bisa berbahaya bagi Wanita hamil atau pada saat persalinan?? 

Yukkk simak lebih lanjut lagi penjelasannya.!! 

       Berdasarkan kajian atas obat - obatan tradisional di sabah Malaysia tahun 1998 di katakan mengandung Fitokimia, apa fitokimia atau kandungan yang disebut Fitonutrien dalam arti luasnya adalah segala jenis zat kimia atau nutrient yang di turunkan dari sumber tumbuhan. Berbagai riset juga menunjukan bahwa tanaman rumput fatimah juga memiliki zat yang menyerupai Estrogen (fitoestrogen) adalah sekelompok senyawa setroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks Wanita itulah mengapa tanaman herbal rumput fatimah ini menjadi alasan untuk melancarkan persalinan pada ibu hamil .

         Resiko atau bahaya rumput fatimah jika di konsumsi oleh ibu hamil, para ahli dan dokter sama sekali tidak pernah menganjurkan rumput fatimah sebagai alternatif untuk melancarkan persalinan .                                      

Bahaya Rumput Fatimah Untuk Persalinan, apa saja bahayanya rumput fatimah saat persalinan, yang wajib di ketahui ibu hamil yaitu :

Memaksa kontraksi  atau mendorong kontraksi untuk berjalan lebih cepat.

Membuat janin stress akibat meningkatnya kandungan oksitosin,

Rahim kurang darah kontraksi yang terus menerus sehingga sulit menahan kontraksi sehingga pembuluh darah plasenta tidak bisa ditekan.

Menyebabkan pendarahan jika rumput fatimah direndam terlalu lama maka oksitosin didalam air akan meningkat dan mengancam keselamatan bayi hingga menyebabkan pendarahan yang begitu hebat.

Memicu keguguran karena air rendamannya bisa meningkatkan kontraksi pada otot-otot Rahim.

Berisiko merusak hati dan ginjal,  menurut penelitian yang diterbitkan oleh journal of Sustainabilitas Science and Management, karena zat aktif di dalamnya yang dapat berefek toxic sehingga menyebabkan peradangan pada ginjal dan hati.

Dapat menyebabkan keracunan karena didalam rendaman air rumput fatimah menghasilkan zat methanol dengan mengalami gejala seperti mual, muntah, kejang, kerusakan pada saraf otak dan kematian maka dari itu sebaiknya kita mewaspadai dalam mengkonsumsi obat – obatan tradisonal tanpa menerapkan resep dari dokter.


Tujuan standarisasi dari obat-obatan herbal antara lain :

        

Mengetahui apa saja tentang bahan aktif yang terkandung pada obat obatan herbal aman atau tidak nyaman jika di konsumsi oleh ibu hamil.

Mengetahui dosis yang tepat untuk para ibu hamil dan tidak menurut perkiraan saja.

Mencari tahu efek samping dari obat - obatan yang akan di konsumsi dapat menyebabkan masalah apa saja bagi organ tubuh.

Mengetahui interaksi obat - obatan yang di konsumsi di dalam tubuh.


Bijaklah dalam kondisi apapun terutama dalam mengkonsumsi obat – obatan. baca terlebih dahulu efek dan fungsi dalam mengkonsumsi obat.terlebih bagi ibu hamil karena resiko yang akan diterima bersangkutan dengan nyawa. Jika ingin mengkonsumsi obat herbal ataupun vitamin sebaiknya kita konsultasi terlebih dahulu kepada tim medis seperti Dokter kandungan,Ibu Bidan dan pakar dalam obat – obatan. Terima kasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya, apabila ada kekeliruan dalam penyampaian dan penulisan kata-kata saya mohon maaf yang sebesar - besarnya semoga bermanfaat bagi kita semua.

SALAM SEHAT BAGI KITA SEMUA. 

              

Di Share ya Artikel nya Sahabat Bhinneka. 





































































































































Memaksa Kontraksi

Membuat Janin stress

Rahim kurang darah

Menyebabkan pendarahan

Thanks for reading INTODUCTION TO GRASS FATIMAH (Pengenalan dengan rumput fatimah) | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on INTODUCTION TO GRASS FATIMAH (Pengenalan dengan rumput fatimah)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *