LIMA (5) CARA HIDUP HEMAT ALA ANAK ASRAMA

Desember 10, 2021
Jumat, 10 Desember 2021

 Karya : Aprilia Shafitri

Publikasi : BHINNEKANEWS71.Com

Jumat Tanggal 10 Desember 2021


SUMBAR, BHINNEKANEWS71.Com -- Hidup jauh dari orang tua dan tinggal di asrama sering menjadi pilihan banyak orang. Banyak alasan kenapa pilihan tersebut diambil seperti karena pekerjaan  ataupun menempuh pendidikan yang lebih tinggi di kota orang. Menjadi anak asrama memanglah sangat menantang. Tidak semua orang bisa merasakan menjadi anak asrama bukan?


Dunia asrama memang mempunyai cerita sendiri, kalok tinggal dengan orang tua kamu bisa meminta uang jajan kapan saja. Sedangkan yang untuk tinggal di asrama mungkin akan menerima uang bulanan dijatah dan diberikan setiap sebulan sekali saja. 


Sebagai anak asrama hidup hemat adalah suatu kewajiban. Hemat dalam segala kondisi yang berhubungan dengan masalah keuangan. Meski harus berusaha untuk dapat berhemat salah satu nya dengan mengorbankan beberapa kesenangan ataupun gaya hidup demi menjaga kondisi keuangan. Apalagi jika kamu seorang pelajar ataupun mahasiswa yang masih mengandalkan uang kiriman orang tua. Tidak mungkinkah meminta setiap saat uang kepada orang tua bukan?

Maka tips cara hidup hemat ala anak asrama ini pasti akan membantu kamu.

1. Buat daftar semua pengeluaran dan pemasukan setiap bulan




Terkadang terdengar merepotkan, mencatat semua pengeluaran setiap hari,  mencatat setiap pengeluaran itu penting agar dapat mengetahui berapa jumlah pengeluaran dan pemasukan setiap bulan nya yang bisa di sesuaikan sesuai dengan uang bulanan atau dari jatah uang belanja dari orang tua. Setiap kamu berbelanja catat nominal dan keterangannya di sebuah buku kosong yang kamu siapkan. Buat lah Serapi mungkin agar kamu tidak malas melihatnya. Pastikan bahwa pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan ya?. Mulai hari ini yukk dibuat untuk kamu yang lagi sedang berada di asrama.


2. Jatah uang yang kamu akan pegang per hari




Siapa sih disini yang tidak pernah lupa bawa uang pegangan? Hampir semua anak asrama pasti membawa uang pegangan bukan? Nah Kamu bisa jatah uang jajan setiap hari untuk meminimalisir membeli kebutuhan yang tidak diperlukan, bisa untuk dijadikan sebagai uang jaga-jaga di jalan, ataupun jika ingin jajan saja. kira-kira anak asrama memerlukan 10.000 sampai 15.000 per hari, tetapi jangan dihabiskan setiap hari ya. Mulai sekarang coba yuk menjarah uang pegangan kita setiap harinya?


3. Masak sendiri



Makanan merupakan kebutuhan sehari hari yang wajib dipenuhi Tampa makan maka kita tidak dapat bertahan hidup. Biaya nya pun tidaklah sedikit melainkan memerlukan anggaran yang besar. Namun kita dapat Membeli bahan masakan sendiri jauh lebih murah daripada membeli jadi makanan yang siap jadi. Mau nambah lauk pun tidak apa-apa tidak ada biaya tambahan jika kita masak sendiri. Mungkin sebagian besar anak asrama memilih untuk memasak sendiri. Kegiatan seperti ini sangat membantu menghemat uang bukan?


4. Mengumpulkan uang receh




Sudah jarang ditemukan sekarang uang receh di kalangan anak asrama, Uang receh emang lah gak begitu berharga diawal bulan tetapi di akhir bulan bisa kamu dijadikan harta Karun lho. Mengumpulkan uang receh termasuk kebiasaan para penghuni asrama.Dari pada uang receh itu berserakan lebih baik di tabung untuk keperluan-keperluan suatu saat mendesak sekali. Terkadang uang receh bisa dibelikan bahan masakan lho. Mulai sekarang stopp menghambur-hamburkan uang receh, karena uang receh akan berguna pada saatnya.

Masih mau menghamburkan uang receh?


5. Kurangi beli air mineral botol saat keluar dari asrama



Buat kamu yang suka beli air mineral botol kemana - mana, mulai sekarang di stopp yukk? Karena  merupakan kebiasaan boros yang sering terjadi di lingkungan asrama. Satu botol air minum 600ml harus kamu tebus Rp 4.000 itu cuma sekali minum kalau lagi haus, lho. Coba kamu kalikan Rp4.000 selama 30 hari sudah 120ribu aja. Dengan 120ribu kamu bisa dapat 25 galon Aqua. Padahal dalam sebulan, kamu paling menghabiskan 5 galon Aqua. Mulai sekarang lebih baik bawa botol Tumbler saat keluar rumah yang bisa diisi kapan pun bila habis.

Lumayan menghematkan cara ini?

Itu tadi pembahasan seputar 5 cara hemat untuk kamu anak asrama yang bisa kamu cobain agar dapat bertahan hidup di perantauan. Bukan cuma anak asrama aja lho, Selamat mencoba, ya?

Di share ya Teman teman artikelnya nya ini. 



Thanks for reading LIMA (5) CARA HIDUP HEMAT ALA ANAK ASRAMA | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on LIMA (5) CARA HIDUP HEMAT ALA ANAK ASRAMA

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *