Unand Akan Bangun Infrastruktur dan Jaringan Internet of Things, Diharapkan Dapat Menumbuhkan Ekosistem IoT Kota Padang

Desember 14, 2021
Selasa, 14 Desember 2021

Foto: Ketua Kegiatan, Hanalde Andre, MT

KOTA PADANG, BHINNEKANEWS71.Com -- Internet of Things merupakan teknologi yang sedang berkembang dalam dunia industri.

Teknologi tersebut dapat menghubungkan perangkat satu dengan yang lain dengan menggunakan jaringan internet, sehingga pengguna dapat mengakses informasi dengan mudah.

IoT memiliki banyak manfaat dalam penggunaannya seperti meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya, mengurangi beban kerja, mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas, hingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna, serta kualitas data yang disimpan.

Pada tahun 2022 diperkirakan jumlah perangkat atau sensor IoT di Indonesia akan mencapai 400 juta perangkat dengan nilai pasar sebesar 350 triliun rupiah berdasarkan data Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) tahun 2020.

Ini merupakan peluang yang sangat besar bagi Angkatan kerja saat ini. Sektor yang mengalami pertumbuhan pesat selama pandemi adalah Kesehatan, pertanian dan energi.

Untuk menumbuhkan ekosistem IoT kota padang, Universitas Andalas melalui kegiatan yang didanai program Matching Fund Kemdikbud membuat jaringan dan infrastruktur IoT.

Dalam kegiatan ini akan dibangun jaringan stasiun cuaca mini di 10 kecamatan dengan menggunakan jaringan internet. Nantinya data yang didapatkan dapat diakses melalui website www.andalas-iot.id. Nantinya diharapkan melalui aplikasi ini masyarakat dapat mengetahui cuaca local di Kota Padang sehingga dapat meningkatkan mobilitas masyarakat.

Ketua kegiatan tersebut, Hanalde Andre, MT menjelaskan, "Industri IoT Kota Padang masih belum tumbuh, memang perlu sosialisasi dan edukasi ke masyarakat untuk dapat mempersiapkan diri agar dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri," Terang nya. Selasa 14 Desember 2021.(Rio) 

Thanks for reading Unand Akan Bangun Infrastruktur dan Jaringan Internet of Things, Diharapkan Dapat Menumbuhkan Ekosistem IoT Kota Padang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Unand Akan Bangun Infrastruktur dan Jaringan Internet of Things, Diharapkan Dapat Menumbuhkan Ekosistem IoT Kota Padang

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *