Pengaruh Internet Terhadap Penurunan Moralitas dan Minat Belajar Mahasiswa

Desember 16, 2021
Kamis, 16 Desember 2021


Foto: Ilustrasi







SUMBAR, BHINNEKANEWS71.Com -- Kecanggihan teknologi sekarang sangat membawa dampak besar terhadap aktifitas yang dilakukan oleh manusia, “pengetahuan  tidak pernah mati “ kalimat itu hanya berlaku bagi orang yang bersifat ingin maju. Internet ( Interconnected Network ) merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan terus berkembang dengan adanya rasa keingintahuan yang besar. 

Internet membawa pengaruh besar bagi masyarakat Indonesia terutama para penerus bangsa, ini membuktikan semakin canggihnya teknologi semakin menurun pula moralitas dan minat belajar generasi penerus bangsa. Tetapi ini bukan untuk menilai internet yang membawa pengaruh buruk hanya saja sesuatu yang sangat bermanfaat disalahgunakan, Dengan lahirnya teknologi canggih yang lengkap dengan fitur intenetnya sangat memudah seseorang dari segi pemikiran, pendidikan, dan menambah suatu pengetahuan yang menyimpan banyak informasi yang bisa berdampak terhadap sisi yang mencakup positif dan negatif.

Seperti yang kita ketahui internet menyimpan banyak informasi dalam bentuk database yang kemudian dikembangkan diberbagai macam bentuk situs online yang dapat kita akses secara langsung. Proses dari penyimpanan  data tersebut ke media penyimpanan cloud strorage dapat diartikan dengan mengirimkan salinan ke penyedia layanan cloud atau hosting lewat jaringan internet. Selanjutnya, server akan memberikan kita akses untuk membuka data tersebut. Dari data itulah yang membuat kita bisa secara langsung mendapatkan informasi dari sebuah situs. 

Media internet tidak hanya berdampak positif tapi juga bisa berdampak negatif tergantung niat seseorang dalam menggunakannya. Perihal ini kita perlu ketahui bahwa gunakanlah internet dengan sehat, karena sebagian dari isi internet tidak semuanya mengenai suatu pengetahuan, pendidikan maupun informasi. Tetapi juga berisi situs - situs yang sangat berpengaruh terhadap generasi bangsa karena semua situs yang dilampirkan tidak memastikan membawa pengaruh baik.

Menurut Lani Sidharta (1996) : walaupun secara fisik internet adalah interaksi jaringan komputer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi internet adalah  informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakan multi media yang sangat besar dan lengkap. Bahkan internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan  di dunia nyata ada di internet seperti bisnis, hiburan, olahraga, politik dan lain sebagainya.

Media internet merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk sebagai hiburan di semua kalangan yang tidak dibatasi oleh suatu lingkup. Dalam mencakup sebuah informasi, internet sangat berperan besar dalam hal tersebut. Bagi masyarakat terutama kalangan remaja ataupun pelajar media sosial adalah suatu tempat untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan seperti tempat hiburan yang punya daya tarik sendiri.

Moral adalah sesuatu yang berkenaan dengan baik buruknya suatu perilaku maupun tindakan. Kata moral yang berasal dari kata mos ( mores ), yang sama dengan kata kesusilaan, perbuatan, dan kelakuan yang berkaitan dengan tingkah laku. Sebab dari itu seharusnya kita boleh mengikuti perubahan zaman tetapi jangan lupa akan tetap menjunjung moral dan pendidikan yang tinggi.

Meskipun banyak dampak positifnya bukan berari tidak ada pengaruh negatif yang didapatkan. Menurut analisis dan beberapa sumber dampak negatif yang didapat adalah :

Menurunnya moralitas dan minat belajar, banyak yang telah terjadi dunia internet mulai dari perilaku yang baik maupun yang buruk, kadang seseorang lebih banyak mengikuti tren yang berpengaruh negatif 

Seseorang menjadi anti sosial, disebabkan terlalu asik menggunakan internet seseorang menjadi tidak terlalu memperdulikan lingkungan di sekitarnya yang terus sibuk dengan dunianya sendiri.

Berubahnya pola pikir dan cara pandang, karena terlalu sering mengakses internet hal yang sangat dikhawatirkan adalah bukan dimanfaatkan malah mengakses hal yang tidak penting seperti game online dan pornografi. 

Internet yang mempengaruhi moralitas serta minat belajar mahasiswa adalah kita perlu tahu setiap kita sudah dihadapkan dengan internet atau sosial media yang bersifat menarik, kebanyakan kita lupa waktu dan sering menunda-nunda sesuatu hal yang seharusnya kita lakukan, seperti sebagian mahasiswa menganggap sosial media lebih menarik dari pada membaca buku edukasi, menurut mereka yang ada di internet juga merupakan informasi yang mengandung pengetahuan.

Setelah menyimpulkan dari beberapa penelitian jurnal mengenai penurunan moralitas dan minat belajar mahasiswa yaitu, di era yang serba modern ini dipengaruhi oleh canggihnya sebuah teknologi tidak memastikan seseorang memiliki perilaku yang baik. Contoh terjadinya sesuatu yang mempengaruhi adanya kultural dengan kebiasaan seseorang menjadi berubah karena sesuatu yang viral kemudian mereka ikuti, di sosial media sangat mudah menyebar dalam hitungan maka berhati - hatilah menggunakan internet, mulai dari cara berpakaian keseharian yang mengikut budaya luar serta cara merespon atau berbicara dengan orang lain yang sedikit kurang sopan.

Upaya untuk mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan dari internet, kamu bisa mengurangi penggunaan internet terutama sosial media, menggunakan internet untuk sesuatu media penunjang pembelajaran dan sebagai sarana informasi yang penting. Tetapi yang lebih pentingnya adalah kesadaran sendiri sebagai makhluk yang berakal seharusnya kita tahu mana yang baik dan mana yang buruk, maka dari itu mulai dari sekarang gunakanlah internet seperlu dan sepentingnya yang harus menjadi peran utama dalam mendorong hal yang positif dimulai dari diri sendiri.


By : Sandia Ananda Putri

Dipublikasi : BHINNEKANEWS71.Com


Thanks for reading Pengaruh Internet Terhadap Penurunan Moralitas dan Minat Belajar Mahasiswa | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pengaruh Internet Terhadap Penurunan Moralitas dan Minat Belajar Mahasiswa

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *