Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Desember 17, 2021
Jumat, 17 Desember 2021









Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk debu,sampah,dan bau.Masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi masalah atau kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan yang setiap tahunnya selalu meningkat.     Masalah kebersihan lingkungan yang tidak kondusif dikarenakan masyarakat yang kurang sadar akan hal kebersihan lingkungan.Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik.Mengakibatkan masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus, penyakit pernapasan dan lain-lain yang disebabkan oleh air dan udara sering menyerang golongan keluarga ekonomi lemah.

Bagaimana tips mudah untuk menjaga kebersihan lingkungan?

Berikut tips dan tris menjaga kebersihan lingkungan:

Dimulai dari diri sendiri dengan memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana cara menjaga kebersihan.

Selalu libatkan tokoh yang berpengaruh besar terhadap kebersihan lingkungan.

Perbanyak tong sampah disekitar lingkungan anda.

Pekerjakan petugas kebersihan lingkungan dan beri imbalan yang sesuai tiap bulannya.

Sosialisasikan terhadap masyarakat untuk memilah sampah rumah tangga menjadi organik dan non organik.

Atur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan.


Kebersihan

Kebersihan adalah salah satu tanda kehidupan higien yang baik.Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar hehat,tidak bau,tidak malu,tidak menyebabkan penyakit atau penularan pada orang kebersihan badan meliputi kebersihan diri seperti mandi,menyikat gigi,cuci tangan,dan memakai pakaian yang bersih.

Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan mamakai air dan sejenis sabun atau deterjen.Mencuci dengan sabun atau dengan produk kebersihan tangan merupakan salah satu cara mencegah penyakit seperti batuk,pilek dan lain-lain.

Apa saja yang termasuk kebersihan lingkungan?

Kebersihan tempat tinggal, dilakukan dengan mengelap jendela,mengepel lantai, menyapu,mencuci peralatan masak yang telah digunakan mencuci dan lain-lain.

Tempat kerja seperti membersihkan selokan,kamar mandi tempat bekerja,meja kerja dan lainnya.

Tempat umum juga perlu diperhatikan kebersihanan nya seperti pembuangn sampah pada tempatnya.

Dan kebersihan di setiap tempat juga berbeda-beda.



Dampak Lingkungan Kotor dan Polusi Sampah

Permasalahan mengenai sampah merupakan permasalahan yang membutuhkan perhatian khusus karena sampah merupakan persoalan nasional.Gagalnya pengelolaan samapah dapat berimbas pada kesehatan warga masyarakat,menurunkan estetika kota,dan dalan jangka panjang akan merusak investor ke daerah.

Apakah polusi sampah dapat merusak kesehatan?

Ya,Polusi sampah dapat mengakibatkan meningkatnya penyakit infeksi saluran pernapasan,kolera,tifus,disentri dll karena faktor pembawa penyakit tersebut di antaranya lalat, kecoa,dan nyamuk meningkat karena tumpukan sampah yang menggunung.

Adapun penyebab banjir-bajir pada daerah yang dimana para masyarakat nya membuang samapah sembarangan khususnya masyarakat yang membuang sampah ke sungai-sungai kemudian mengalami penyumbatan saluran air.Pembuangan limbah manusia yang dibuang ke sungai juga dapat menjadikan terjadinya polusi dan akan mengakibatkan terganggunya kesehatan.

Apakah bahaya dampak sampah yang dibakar?

Ya karena sampah yang dibakar mungkin menjadi praktis tetapi hal ini jika dilakukan dengan waktu panjang akan merugikan individu yang bersangkutan, komunikasi,dan lingkungan secara keseluruhan.Adapun polusi yang diakibatkan oleh pembakaran sampah yang kelihatannya sedikit tetapi menjadi bukit ini akan mengakibatkan penyakit seperti gangguan pernafasan.

Lingkungan yang kotor inilah,yang menyebabkan masyarakat tidak menyadari hidup sehat akhirnya melimpahkan masalah ke pemerintah setempat. Masalah lingkungan adalah masalah kita bersama yang harus kita jaga kebersihan dan kesehatannya. Melalui perawatan rutin setiap hari jangan menunggu lingkungan rusak dan merugikan kita bersama. Lingkungan Sehat adalah Lingkungan Bebas Polusi.


Oleh : Putri Nurul Aini

Dipublikasi : BHINNEKANEWS71.Com 

Thanks for reading Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *