Kasatpolairud Polresta Tangerang Menghimbau Sangat Pentingnya Alat Keselamatan di atas Kapal

Januari 27, 2022
Kamis, 27 Januari 2022




Kasatpolairud Polresta Tangerang Akp Efendi melaksakan sambang kepada Nahkoda dan Abk Kapal penumoang dan barang di Dermaga Kronjo Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang. Kegiatan Patroli dialogis di laksanakan oleh Kasatpolairud berserta anggota Satpolairud Polresta Tangerang, Rabu (26/01/2022). 


Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara Polresta Tangerang,mengungkapkan Kapal lokal yang beroperasi diperairan utara di Wilkum Polresta Tangerang hingga ke pulau lain perlu memperhatikan keselamatan kapal mereka terutama Kapal Angkut penumpang dan Barang. 


Perlengkapan keselamatan ('safety equipment') adalah semua peralatan keselamatan yang hanya digunakan pada keadaan darurat menyangkut keselamatan manusia dan kapal, sehingga perlu disediakan oleh Nahkoda Kapal supaya keselamatan Penumpang mereka terjaga," katanya. 


Dia menambahkan, kelengkapan perlengkapan keselamatan telah diatur oleh dalam peraturan keselamatan yang mengacu pada ketentuan International Maritime Organization (IMO) melalui SOLAS 1974. Peraturan ini berlaku untuk semua kapal. 


"Ketika kapal hendak berlayar, berlabuh, menangkap ikan, bersandar dan 'docking'. Semua peralatan perlengkapan keselamatan kapal tersebut wajib ada di atas kapal dengan jumlah yang cukup sesuai ketentuan yang berlaku dan disyahkan oleh yang berwenang," katanya. 


Kasatpolairud Akp Efendi menjelaskan, saat ini masih banyak Nahkoda Kapal yang mengabaikan alat keselamatan kapal tersebut, padahal cukup membantu mereka, selain itu merupakan kewajiban semua kapal. Namun kenyataan pihaknya harus terus meberikan pengarahan. 


Menurut dia, pelampung penolong ('Life Ring') adalah alat apung yang digunakan menolong orang jatuh ke laut. Alat ini dipasang di masing-masing lambung kapal, karena mudah dijangkau oleh semua awak kapal, juga tidak boleh diikat. 


Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk agar masyarakat yang menggunakan alat transportasi laut bisa merasakan aman dan nyaman saat beraktifitas di laut. 


" Ya kita selalu laksanakan giat sambang Masyarakat dalam upaya membina sinergitas dalam mencegah adanya hal-hal yang bersifat gangguan kamtibmas, selain itu juga kita menggencarkan personil agar tidak bosan-bosannya memberikan himbauan ke masyarakat agar selalu disiplin mematuhi prokes dengan selalu menerapkan 5 M," katanya.

Thanks for reading Kasatpolairud Polresta Tangerang Menghimbau Sangat Pentingnya Alat Keselamatan di atas Kapal | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Kasatpolairud Polresta Tangerang Menghimbau Sangat Pentingnya Alat Keselamatan di atas Kapal

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *