Pengembangan Buku Pelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Instruksi Langsung bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB)

Januari 09, 2022
Minggu, 09 Januari 2022

SUMBAR -- Anak istimewa yang bisa kita sebut sebagai anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki berbagai macam karakter yang berbeda yang didalamnya terdapat kelebihan. Salah satu cara untuk mengasah kemampuan siswa ABK adalah dengan pembelajaran pendidikan jasmani. Dimana pembelajaran ini mengandung materi yang cukup kompleks, serta memiliki tujuan dan fungsi pendidikan, yang di dalamnya terdapat aspek kognitif, afektif, psikomotorik, emosional dan sosial. Di sekolah luar biasa, buku teks diperlukan sebagai sarana untuk menjelaskan tujuan instruksional yang akan dicapai, memotivasi siswa untuk belajar, mengatasi kesulitan belajar siswa. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan buku ajar adalah karakteristik materi yang dikembangkan harus sesuai dengan kebutuhan siswa dan mengacu pada kurikulum yang relevan, agar lebih mudah memahaminya, maka dibuatlah buku ajar berbasis instruksi langsung.


Sesuai dengan apa yang disampaikan Arends dalam Shoimin (2014:64) bahwa model pembelajaran direct instruction adalah model pembelajaran yang dirancang khusus untuk mendukung proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan bertahap. Langkah-langkah yang ditempuh dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model ini meliputi: (1) tahap orientasi/penyampaian tujuan, (2) tahap presentasi/demonstrasi, (3) tahap praktik terbimbing, (4) tahap pengecekan pemahaman dan pemberian umpan balik, (5) tahap latihan mandiri. Langkah-langkah tersebut dapat memudahkan guru dalam memahami model ini sehingga dapat diterapkan dengan baik kepada siswa.


Senada dengan Ricky & Triana, (2019) yang menyatakan bahwa Research Development adalah penelitian yang didasarkan pada pembuatan produk yang efektif, dimulai dengan analisis kebutuhan produk, pengembangan produk, dan pengujian. Keluaran yang dihasilkan dengan menggunakan metode dan model ini berupa buku ajar pendidikan jasmani berisi variasi permainan yang telah diuji kelayakannya, sehingga dapat diimplementasikan untuk anak berkebutuhan khusus di tingkat sekolah dasar. Buku ajar pendidikan jasmani disajikan dalam bentuk berbagai permainan yang dilengkapi dengan ciri-ciri anak berkebutuhan khusus yang dijelaskan dengan langkah-langkah agar guru dapat menjelaskan dengan seksama kepada siswa ABK. Karena siswa membutuhkan permainan dalam proses pembelajaran agar siswa tidak hanya dapat mengembangkan kemampuan motorik saja, melainkan mengembangkan kemampuan anak secara keseluruhan. 


Pengembangan dan penyempurnaan gerakan dasar penting selama masa kanak-kanak. Dalam kegiatan bermain, semua aspek kecerdasan anak dipancing untuk berkembang, salah satunya adalah kecerdasan kinestetik anak. Mengembangkan kemampuan kinestetik anak berarti mengembangkan kemampuan gerak anak secara teratur dan optimal, secara langsung dan tidak langsung, perkembangan kemampuan kinestetik akan membantu anak secara fisiologis dan psikologis.


Prosedur pengembangan buku ajar pendidikan jasmani dimulai dari tahap pendefinisian, menganalisis kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani untuk anak berkebutuhan khusus di tingkat dasar, menganalisis materi untuk anak berkebutuhan khusus. Pada tahap desain, desain buku teks pendidikan jasmani berbasis direct instruction diilustrasikan dan diwarnai agar lebih menarik bagi anak berkebutuhan khusus, pada tahap develop dilakukan pengembangan buku ajar, dan pada tahap dessiminate, pendistribusian buku ajar pendidikan jasmani berbasis instruksi langsung untuk anak berkebutuhan khusus. 


Buku ajar pendidikan jasmani berbasis instruksi langsung untuk siswa ABK bertujuan untuk memudahkan guru dalam memberikan pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan karakteristik ABK. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan subyek uji coba penelitian siswa SLBN 1 Pulau Punjung, SLB Koto Agung, dan SLB Attallah Dharmasraya di tingkat Sekolah Dasar (SD) diperoleh hasil uji validitas rata-rata nilai 82,12% dengan kategori sangat valid, untuk uji kepraktisan diperoleh rata-rata 80% dengan kategori praktis dan uji keefektifan, rata-rata 75% dengan kategori sedang. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa buku teks pendidikan jasmani berbasis direct instruction untuk anak berkebutuhan khusus dapat digunakan pada mata pelajaran pendidikan jasmani dengan kategori valid, praktis dan efektif.

Oleh: Alchonity Harika Fitri, M.Pd.

(Dosen FKIP Universitas Dharmas Indonesia)

Thanks for reading Pengembangan Buku Pelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Instruksi Langsung bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pengembangan Buku Pelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Instruksi Langsung bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *