6 Tanda Rem Mobil Sudah Mulai Bermasalah, Kebanyakan Jarang Disadari

Februari 12, 2022
Sabtu, 12 Februari 2022
Foto: Ilustrasi Rem Bermasalah.








BHINNEKANEWS71.COM -- Kalau masalah rem jangan main-main, apalagi jika terbiasa melaju dengan kecepatan tinggi saat mengemudi. Karena apapun keadaannya, lebih baik tidak bisa injak gas daripada tidak bisa injak rem. Untuk itu sebelum rem mengalami masalah, ada baiknya pahami dulu tanda-tanda ketika masalah itu mulai muncul. Harus peka dan memang ketika tanda mulai muncul, segera periksa ke bengkel.

1. Rem terasa keras saat diinjak

Kalau sudah terbiasa menggunakan mobil dalam waktu lama pasti akan terasa perbedaan ketika dalam keadaan normal dengan saat mulai bermasalah. Kalau dalam keadaan normal terasa lebih empuk saat diinjak. Namun ketika mulai bermasalah, biasanya rem akan lebih keras dari biasanya. Komponen yang rusak biasanya terdapat pada master rem yang mulai mendekati batas usia pakai.


2. Dalam kecepatan tinggi ketika di rem mobil terasa goyang

Jika dalam kecepatan tinggi kemudian mobil bergoyang setelah di rem, menunjukkan ada kegagalan dalam sistem rem pada salah satu roda. Bisa saja karena oli yang mampet sehingga tidak ada dorongan untuk menekan rem. Sehingga hanya 3 ban saja yang menjalankan fungsinya dengan baik, sedangkan satu roda yang tidak berhasil melakukan pengereman masih melaju karena gaya dorong yang ada.


3. Pernah mengalami rem saat diinjak terasa lebih dalam dari biasanya meskipun setelah itu normal lagi

Kalau ada kebocoran biasanya rem akan mengalami setengah blong. Namun itu akan kembali normal seperti biasa. Tapi jika dibiarkan, pada akhirnya sistem rem harus dikocok untuk bisa di rem. Kalau di rem perlahan akan bablas begitu saja. Terasa los yang artinya sistem rem hanya mendorong udara bukan oli.


4. Muncul suara berdecit saat di rem

Permukaan kampas rem yang sudah halus akan menciptakan suara berdecit. Suara berdecit itu berasal dari gesekan cakram dengan kampas rem yang tidak lagi sempurna. Jika ini dibiarkan biasanya akan berakhir dengan suara gesekan besi pada akhirnya. Sebab kampas rem sudah habis tidak tersisa.


5. Tidak lagi pakem seperti dulu

Dulu di rem langsung bisa berhenti bahkan bisa membuat penumpang jatuh kedepan. Kalau sekarang butuh usaha lebih keras untuk itu. Sebab rem tidak lagi bisa digunakan dengan sempurna. Maka dari itu jika mobil butuh jarak jauh untuk berhenti, segera periksa ke bengkel langganan.


6. Saat mengerem mobil bergetar

Mobil bergetar bisa disebabkan oleh piringan cakram yang tidak rata. Getaran ini bisa terjadi karena kampas rem yang bekerja secara putus-putus. Sekali lagi jika ini terjadi segera periksa ke bengkel langganan kalian.

Itulah tanda rem mobil mulai bermasalah. Sebaiknya jika mengalami kondisi itu, segera bawa ke bengkel untuk mengetahui masalah sebenarnya. Jangan tanggung-tanggung untuk masalah rem, karena itu adalah komponen paling penting untuk nyawa kalian.


By: Redaksi BHINNEKANEWS71.COM -- Sabtu 12 Februari 2022.

Thanks for reading 6 Tanda Rem Mobil Sudah Mulai Bermasalah, Kebanyakan Jarang Disadari | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on 6 Tanda Rem Mobil Sudah Mulai Bermasalah, Kebanyakan Jarang Disadari

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *