Cek Kesiapan Personel dan Sarpras Jelang Aksi Demo, Polda Banten Gelar Apel Pasukan

April 10, 2022
Minggu, 10 April 2022


Serang - Polda Banten menggelar apel pasukan dalam rangka mengecek kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan aksi unjuk rasa di wilayah Banten termasuk antisipasi pergerakan massa aksi ke Jakarta.


Apel dipimpin oleh Dirpamobvit Polda Banten Kombes Pol. Edy Sumardi dan Dirsamapta Polda Banten Kombes Pol. Murwoto, dilaksanakan di lapangan Polda Banten pada Minggu (10/04) pukul 08.00 wib.


Dirsamapta Polda Banten Kombes Pol. Murwoto mengatakan apel ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan aksi unjuk rasa. "Hari ini Polda Banten gelar apel pasukan, apel ini diikuti sebanyak 400 orang, terdiri dari dalmas, rantis, K9, unit negosiasi dan personel Ditpamobvit Polda Banten, serta peralatan pengamanan aksi unras yang digelar dalam apel meliputi tameng, helm, dakura, tongkat, Apar, tali dalmas, flashball. "kata Dirsamapta Polda Banten.


Selanjutnya Murwoto menambahkan. "Selain itu juga dilakukan kesiapan kendaraan untuk digunakan dalam rangkaian pengamanan aksi unjuk rasa meliputi 2 unit mobil double cabin, 6 unit mobil patroli Almera, 8 unit motor, 2 unit mobil air water canon, 4 unit bus dan truk, 1 unit mobil public adress, 6 unit mobil Raisa, 1 unit mobil satwa juga puluhan kendaraan Ditpamobvit Polda Banten."ujarnya.


Murwoto menjelaskan dalam pengamanan aksi unjuk rasa Polda Banten mengendapkan pendekatan  humanis. "Dalam melaksanakan pengamanan kami akan mengedepankan pendekatan humanis, tim negosiator akan ditambah perkuatannya dari Polwan Satker lainnya, tim nego menjadi formasi awal yang bertemu massa, agar komunikatif dan menguasai keterampilan dalam bernegosiasi dengan massa aksi, "imbuhnya.


Selanjutnya Murwoto menegaskan personel Polda Banten yang bertugas tidak ada yang membawa senjata. "Personel tidak membawa senjata api  dan amunisi tajam dalam pengamanan, sesuaikan dengan SOP dan tetap dengan pendekatan humanis,"katanya.


Diakhir, Murwoto menyampaikan 

agar personel tetap sadar kamera dalam pelaksanaan pengamanan. "Personel dilapangan agar mendokumentasikan kegiatan positif dan temuan negatif dilapangan yang dapat digunakan sebagai basis foto dan video dalam penegakan hukum," tutupnya (Bidhumas).

[10/4 13.26] Aam Yuliardi / Polda Banten: (08/10/04)

Siaran Berita

Bidhumas Polda Banten


*Jamin Keamanan Lingkungan Polda Banten, Personel Bidpropam Laksanakan Patroli Malam* 


Serang - Tingkatkan keamanan untuk situasi kondusif guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di lingkungan Polda Banten, personel Provos Bidpropam Polda Banten bersama personel Yanma Polda Banten melaksanakan patroli malam pada Minggu (10/04) dini hari. 


Kabid Propam Polda Banten Kombes Pol Yudho Hermanto mengatakan pelaksanaan Patroli malam merupakan Kegiatan Rutin yang dilakukan. "Selain melaksanakan kegiatan rutin dalam bidang pengawasan personel piket Provos juga melaksanaka patroli jalan kaki di lingkungan Polda Banten," ujar Yudho Hermanto. 


Yudho Hermanto menambahkan. "Dalam pelaksanaan patroli personel akan mangecek kesetiap ruangan yang ada di gedung Polda Banten kemudian melaksanakan pengecekan ke asrama yang ada di lingkungan Polda Banten," tambah Yudho Hermanto. 


Yudho Hermanto menjelaskan bahwa dengan patroli maka personel dapat mencegah tindakan yang tidak diinginkan. "Dengan adanya patroli yang rutin maka kita dapat mencegah kebakaran, dan pencurian serta untuk memastikan setiap personel yang melakukan piket berada di kantor masing-masing," ujar Yudho. 


Yudho Hermanto juga mengajak masyarakat untuk mencontoh hal tersebut, "Saya mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mencontoh kegiatan patroli tersebut dimana masyarakat dapat melaksanakan Poskamling yang memiliki konsep yang sama dengan patroli jalan kaki yang dilakukan oleh Provos sehingga seluruh lingkungan pemukiman bisa terhindar dari niat jahat yang akan dilakukan orang-orang tertentu," tutup Yudho Hermanto. (*/Red) 

Thanks for reading Cek Kesiapan Personel dan Sarpras Jelang Aksi Demo, Polda Banten Gelar Apel Pasukan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Cek Kesiapan Personel dan Sarpras Jelang Aksi Demo, Polda Banten Gelar Apel Pasukan

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *