Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat, Danrem 174/ATW Merauke Tanam Jagung Bersama Gapoktan

April 24, 2022
Minggu, 24 April 2022

 


JAKARTA, BHINNEKANEWS71.COM -- Dalam rangka membantu pemerintah  meningkatkan ketahanan pangan, Danrem 174/ATA Merauke Brigjen TNI E. Reza Pahlevi, S.E., melakukan penanaman Jagung bersama Gapoktan Binaan Korem 174/Anim Ti Waninggap bertempat di Kampung Ngutibob (Sarmayam 2) Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke Papua,  Sabtu (23/4/2022).


Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 174/ATW, Minggu (24/4/2022), penanaman jagung dilakukan di atas lahan seluas ± 5 hektar milik Aceng selaku Ketua Gapoktan Milenial di Kabupaten Merauke yang dihadiri oleh Para Kepala Seksi Korem 174/ATW serta para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan para anggota Gapoktan Petani Milenial Merauke.


Dalam sambutanya,  Danrem Brigjen TNI E. Reza Pahlevi  menyampaikan ucapan  terima kasih kepada masyarakat kelompok Tani Milenial Kabupaten  Merauke  yang telah hadir serta selamat menjalankan ibadah puasa bagi  yang menjalankannya.


Dikatakannya, ketahanan pangan merupakan salah satu program bidang teritorial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani pada bidang pertanian. 


Program Ketahanan Pangan  digalakkan oleh TNI-AD dalam mengelola lahan kosong untuk dijadikan lahan produktif sehingga bisa menghasilkan tanaman pangan untuk kesejahteraan kasyarakat. 


"Ini  merupakan wujud  terobosan Korem 174/ATW  untuk memberikan pelayanan  masyarakat guna meningkatkan ketahan pangan, " ungkapnya.


Penanaman jagung perdana dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada di wilayah binaan Korem 174/ATW demi kemajuan masyarakat dalam hal bercocok tanam.


"Dengan demikian kegiatan ketahanan pangan akan menjadi prioritas dalam pengolahan lahan kosong, " jelasnya


Jagung merupakan bahan pokok pengganti beras yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makan ternak.


"Untuk itu saya mengajak kepada semua elemen masyarakat  bersama-sama untuk menyukseskan program ini, demi untuk menyejahterakan masyarakat.

Apabila ada keluhan-keluhan dari petani ataupun dari masyarakat kelompok tani jagung, jangan sungkan-sungkan menyampaikan saran masukan sampaikan kepada saya, " harapnya.


Diungkapkan Danrem, pihaknya akan mencoba untuk mendatangkan alat untuk pengering maupun alat tanam lainnya sehingga mendapatkan hasil panen yang bagus dan berkualitas.


"Saya berharap masyarakat  lebih semangat lagi dalam  bertani agar Merauke menjadi lumbung pangan tidak hanya padi saja, " tuturnya.


Pada kesempatan yang sama  Aceng selaku Ketua Gapoktan Ngutibob Sarmayam 2 Merauke  menyampaikan ucapan  terima kasih atas dukungan Korem 174/ATW kepada kelompok taninya.


"Saya sebagai petani pemula dalam penanaman jagung ini bersamaan dengan program Korem hari ini ada kegiatan pelaksanaan tanam jagung bersama Danrem,  semoga ke depan lebih baik dan kami bersama petani akan bangkit lagi dari keterpurukan yang sudah pernah dialami. Hasil panen tanaman jagung tidak ada yang membeli hasil panennya sampai jagung membusuk dimakan oleh hama akan tetapi sekarang kami senang mendengar hasil panen akan dibeli oleh pengusaha yang sudah bekerja sama dengan Serka Ardian Manulang (Anggota Korem 174/ATW) yang sudah melaksanakan MOU, " ungkapnya  di hadapan Danrem 174/ATW. (Dispenad/Red) 

Thanks for reading Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat, Danrem 174/ATW Merauke Tanam Jagung Bersama Gapoktan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Tingkatkan Ketahanan Pangan Masyarakat, Danrem 174/ATW Merauke Tanam Jagung Bersama Gapoktan

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *