Bincang Literasi Ormawa Undhari, Wujudkan Undhari sebagai Kampus Literasi di Era Digital

Juni 04, 2022
Sabtu, 04 Juni 2022



Dharmasraya, BhinnekaNews71.Com -- Organisasi Kemahasiswan (ORMAWA) Univerisitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) yang terdiri atas  Himpunan Mahasiswa Program Studi (Hima Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), kemudian Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gema Undhari, UKM Literasi, dan UKM Pramuka Undhari mengadakan acara Bincang Literasi Undhari dengan mengusung tema Undhari Kampus Literasi: Harapan, Tantangan, dan Strategi. Kegiatan dilaksanakan di Taman Kampus Undhari, Jumat (03/06/2022).


Didaulat sebagai narasumber pada kegiatan Bincang Literasi kali ini adalah Dr. Amar Salahuddin, M.Pd. selaku Wakil Rektor III Undhari, sekaligus Pembina UKM Pegiat Literasi, Pembina UKM Gema, dan juga Pendiri Rumah Baca Marenda Dharmasraya, lalu narasumber kedua Pingka Langgora selaku Pimpinan Umum Gema Undhari, dan Nur Fadillah Bupati Hima Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, yang moderatori oleh Ika Paradilla. Acara diawali dengan pembacaan puisi oleh mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Undhari 



Pada penyampaian materi tentang literasi, Nur Fadillah menyampaikan bahwa literasi tidak hanya sekadar baca tulis akan tetapi mencakup 6 literasi dasar yang mesti kuasai mahasiswa, yaitu literasi baca tulis, numerasi, finansial, sains, budaya, dan literasi digital. Sementara itu, Pingka Langgora mengajak mahasiswa Undhari untuk lebih memantapkan pemahaman literasi melalui karya-karya yang nantinya akan memberikan dampak positif untuk Ubdhari sebagai kampus literasi. 


"Kita bisa meningkatkan kemampuan kita dalam literasi melalui karya-karya yang kita ciptakan, kita bisa menulis puisi, cerpen, artikel, esai, dan nantinya karya-karya kita bisa dipublikasikan" ungkap Pingka.



Dr. Amar Salahuddin, M.Pd. sebagai narasumber utama juga berpesan kepada mahasiswa Undhari agar mulai membiasakan diri untuk membaca. "Indonesia memiliki minat baca yang tinggi, namun memiliki daya baca yang rendah. Padahal membaca dapat meningkatkan kemampuan literasi kita. Yang terpenting bagi kita bukan kuantitas, akan tetapi kualitas diri kita. Cobalah untuk terus berkarya walaupun sedikit demi sedikit, dan untuk kedepannya kita akan mewujudkan Undhari sebagai kampus literasi dengan mahasiswa yang tidak hanya memiliki minat baca akan tetapi juga memiliki daya baca yang tinggi" pesan Amar.


Bincang Literasi ini banyak membahas tentang harapan, tantangan, dan strategi yang bisa dijalankan untuk mewujudkan Undhari sebagai kampus literasi. Melalui kegiatan ini besar harapan kepada para mahasiswa Undhari untuk lebih peka dan peduli serta meningkatkan kemampuan literasi dengan menghasilkan karya-karya yang kaya inovasi, sehingga terwujudlah Undhari sebagai kampus literasi di era digital ini. (AS)

Thanks for reading Bincang Literasi Ormawa Undhari, Wujudkan Undhari sebagai Kampus Literasi di Era Digital | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Bincang Literasi Ormawa Undhari, Wujudkan Undhari sebagai Kampus Literasi di Era Digital

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *