Dandim 0510/Trs : Waspadai Radikalisme dan Intoleransi sebagai Ancaman di kab.Tangerang

Juni 02, 2022
Kamis, 02 Juni 2022




Tangerang, BhinnekaNews71.Com -- Komandan Kodim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar ,S.H, M.I.Pol bersama AKP Eldi Wakasat Intelkam Polresta Tangerang dan Haris Pos Binda Banten menjadi pemberi materi dalam kegiatan Pembekalan Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat Kecamatan di Aula Rapat Bola Sundul Lt.2 GUUD Jl. Moh Atik Soewardi Puspem Kab.Tangerang, Kamis (02/06/2022).


Kegiatan diselenggarakan FKDM Kab. Tangerang dengan penanggung jawab Tisna Hambali Rudani Ketua FKDM Kab.Tangerang diikuti ±50 peserta, juga dihadiri, Drs H Arif Rachman T. MM Kakesbangpol Kabupaten Tangerang, Tisna Hambali Rudani Ketua FKDM Kab. Tangerang, Letkol Inf Bangun Siregar SH., Mi Pol Dandim 0510 Trs, AKP Eldi Wakasat Intelkam Polresta Tangerang, Saripudin SH Posda BIN Kab Tangerang, Bambang Kasi Kewaspadaan Dini Kab. Tangerang, dan seluruh Peserta FKDM kecamatan yang ada di Kab. Tangerang.


Dalam acara tersebut, Drs. H. Arief Rachman T. MM.Kepala Kesbangpol Kab. Tangerang dalam sambutannya, mengatakan berbagai fenomena sosial dan alam sering terjadi sehingga meniscayakan kita semua untuk bisa berpartisipasi dalam bentuk upaya antisipasi dari perilaku penyimpangan sosial yang dapat merugikan masyarakat.


"Berkat komitmen kuat Pemda serta dukungan stakeholder dan elemen lainnya, kita sudah melakukan kegiatan ini demi menjaga kondusifitas wilayah." jelasnya.


Diharapkan kegiatan ini, kata Arief, dapat meningkatkan solidaritas dalam menjalankan fungsi kerelawanan terhadap bencana maupun kegiatan sosial lainnya. Dan melalui kegiatan ini, menjadi langkah tepat untuk mendeteksi dini terhadap strategi penomena sosial dalam menjaga kondusifitas di masyarakat dan kami berpesan kepada para peserta dapat mengikuti dengan baik.


Sementara itu, Dandim 0510/Trs Letkol Inf Bangun IE Siregar ,S.H, M.I.Pol dalam penyampaian materinya mengatakan, adanya beberapa permasalahan  yang terjadi di wilayah Kab Tangerang, harus kita disikapi bersama - sama demi menjaga kondusifitas wilayah.


"Terkait situasi saat ini, adanya pihak yang ingin Indonesia pecah, yang 100% adalah orang luar namun menggunakan warga Indonesia sendiri sehingga dapat terjadi perpecahan yang menimbulkan perang saudara. Ini ada beberapa penyebabnya, yaitu Faktor Internal (perang saudara) seperti Agama, Kepentingan politik dan Ekonomi. Sedangkan Faktor Eksternal (Invasi Negara lain) dari segi Batas wilayah dan sumber alam." jelas Dandim.


Lebih lanjut Dandim, menjelaskan bahwa, ancaman di wilayah Kodim 510/Trs saat ini, diantaranya, kesenjangan sosial di wilayah Kec. Teluknaga dan Kosambi; Banjir yang disebabkan oleh banjir sampah, limbah yang tidak mau membersihkan; Demo/unjuk rasa terjadi, baik dari elemen buruh maupun mahasiswa bahkan melibatkan pelajar 10% dari massa aksi yang tidak mengerti tujuan aksinya ke Jakarta dan mendapat undangan lewat Medsos sehingga terjadi korban Jiwa; dan Radikal dengan ciri-ciri seperti Civil War (Kebencian beda agama dan beda Ras) merasa paling benar, cap kafir dan halalkan membunuh.


Selain itu, Letkol Inf Bangun IE Siregar juga mengatakan, cara melakukan pencegahan adalah dengan memberi keseimbangan Rohani, Jiwa dan tubuh; Selalu memberikan perhatikan keluarga, lingkungan rumah, lingkungan kerja serta yang terakhir, kita harus selalu bersyukur.


'Untuk itu, TNI saat ini intens untuk membuat "Kampung Pancasila", karena saat ini kemanusiaannya sudah mulai hilang sehingga perlu dipupuk dan atau dihidupkan kembali dalam diri masing-masing individu masyarakat seperti Iman, Kemanusiaan, Keragaman, Musyawarah dan Gotong royong." ungkap Letkol Inf Bangun IE Siregar dalam penyampaian materinya.


Sedangkan AKP Eldi SH Wakasat Intelkam Polresta Tangerang dalam penyampaian materinya mengatakan perlunya kewaspadaan dini yang dilakukan oleh seluruh masyarakat karena kerawanan wilayah Kab Tangerang sebagai penyangga Ibu Kota Jakarta sehingga kesiapsiagaan dan antisipasi gangguan keamanan menjadi tanggung jawab kita bersama.


"FKDM dibentuk tingkat Kabupaten/Kota untuk mengkomunikasikan data dari masyarakat mengenai ancaman, hambatan, tantangan dan gangguan sebagai bahan masukan untuk dilakukan analisa oleh Tim FKDM dalam mengantisipasi Deteksi dini dan pencegahan dini di wilayah." terangnya.


Dijelaskan AKP Eldi SH bahwa , di wilayah Kab Tangerang ada beberapa potensi konflik yaitu adanya tahapan Pemilu 2024 oleh pendukung antara Parpol, kebijakan pemerintah terkait kenaikan BBM, Gas LPG, Listrik dan Sembako serta penetapan UMK.


" Selain itu, konflik antar umat beragama terkait penolakan pembangunan tempat Ibadah juga perlu kita antisipasi bersama demi terciptanya keamanan lingkungan." tuturnya.


Masih ditempat yang sama,  Aris Fajar R Posda BIN Kab. Tangerang, juga mengatakan bahwa adanya pihak luar yang ingin memecah negara kita, itu sangat benar.


Dijelaskannya, dalam rangka mendeteksi persoalan di masyarakat yang menjadi potensi konflik, diharapkan Tim FKDM dapat melihat kejadian dari sisi intensitasnya yang bersifat akan menimbulkan konflik yang meluas di wilayah.


Lanjutnya lagi, ada beberapa hal informasi yang harus di pedomani diantaranya, Prediksi yang akan datang, Deteksi yang perlu dilakukan. Untuk itu, terkait Ideologi perlu dipahami peserta FKDM tentang, Radikal Kanan seperti Radikalisme dan ektreasmisme (Takfiri, Intoleran, Anti Pancasila, Anti Budaya vs Agama).  Radikal Kiri seperti Komunisme.


"Untuk politik tahun 2024, perlu diantisipasi politisasi identitas, Hoax/Black Negatif Campain dan Politik uang. Di bidang ekonomi perlu kita tekankan terkait kelangkaan minyak goreng yang terjadi akhir - akhir, sehingga Tim FKDM tingkat kecamatan perlu memberikan informasi apabila ditemukan adanya penimbunan bahan pokok.


Kita juga perlukan partisipasi dari masyarakat dalam menginformasikan terkait pungli dan korupsi. Intinya bersama kita lawan korupsi. 

"Oleh karena itu, diharapkan tim FKDM tingkat kecamatan dapat memberikan informasi dan masukan kepada kami untuk dilakukan analisa dalam rangka melakukan Deteksi dini dan pencegahan dini di wilayah Kab Tangerang." tutupnya. (sumber Kodim 0510/Trs/Red) 

Thanks for reading Dandim 0510/Trs : Waspadai Radikalisme dan Intoleransi sebagai Ancaman di kab.Tangerang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Dandim 0510/Trs : Waspadai Radikalisme dan Intoleransi sebagai Ancaman di kab.Tangerang

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *