Penampungan Pengelolaan Air Danau Situterate Resmi Dibangun

Juni 12, 2022
Minggu, 12 Juni 2022




Serang, BhinnekaNews71.Com -- Pembangun penampungan pengelolaan air Danau Situterate (PADS) yang terletak di Perum Situ Teratai Desa Situterate Kecamatan Cikande Kabupaten Serang-Banten.


Pada hari ini di dirikan nya pembangunan kolam pengelolaan air kotor menjadi air bersih, dan peletakan batu pertama oleh Pak Uko selaku ketua penggerak PADS berjalan dengan hiqmat. Minggu (12/06/2022)



Dihadiri pula Agus Wahyu Dioyono selaku dewan PKS komisi  III kabupaten Serang sebagai tamu undangan, Riki selaku kepala desa Situterate, Awap Sudrajat Ketua BPD, Tokoh masyarakat dan segenap masyarakat Perum Puri Teratai RT 05 RW 03.


Masyarakat pun menyambut dengan antusias dengan adanya pembangunan kolam penampungan pengelolaan air danau situterate tersebut.



Kardi selaku pelaksana kegiatan sekaligus wakil ketua PADS, pembangunan pengelolaan air danau situterate, memaparkan kegunaan dari Poly Aluminium Chloride (PAC) karena kami mempunyai gagasan seperti ini, melihat kekurangannya debit air untuk konsumsi air bersih, jadi kami membuat dan membangun kolam penampungan air kotor menjadi air bersih supaya masyarakat bisa memakai dan memanfa'atkan dari hasil gagasan kami ini. Paparnya


Poly Aluminium Chloride (PAC) adalah chemical yang banyak dipakai untuk penjernihan air. PAC penjernih air ini merupakan keagulan yang memiliki banyak keunggulan dibanding Aluminium Sulfat (Tawas), yang juga merupakan koagulan untuk penjernihan air. Berikut ini adalah berbagai keunggulan Poly Aluminium Chloride (PAC) yang penting untuk diketahui.



1. Lebih Aman

Pemakaian Poly Aluminium Chloride (PAC) untuk proses penjernih air atau water treatment memiliki dampak koros yang rendah. Hal ini karena air hasil pengolahan tidak mengalami penurunan pH yang tajam seperti pada penggunaan koagulan Aluminium Sulfat. Fenomena ini dapat dilihat dari reaksi yang terjadi sebagai berikut:


Poly Aluminium Chloride (PAC)


Al2(OH)5CI+ H2O 2AI(OH)3 + H+


Aluminium Sulfat Al2(SO4)3 + 6H2O AI(OH)3 +6H+


Dari reaksi di atas dapat dilihat bahwa pada reaksi hidrolisis, Aluminium Sulfat dalam air melepas 6 ion H+, sedangkan pada reaksi hidrolisis PAC hanya dilepaskan 1 ion H+. Ini menyebabkan pH air yang menggunakan Aluminium Sulfat bersifat lebih asam daripada yang menggunakan koagulan PAC.


Semakin asam sebuah sistem, maka kecenderungan terjadinya korosi lebih besar. Itulah alasan mengapa penggu Poly Aluminium Chloride (PAC) lebih aman. 


Di temui di kantor kerjanya Zul Madun ketua LSM KSB GPSPM, saya pribadi memberikan apresiasi untuk kegiatan pembangunan pengelolaan air danau situterate, dari air kotor menjadi air bersih. Ucapnya



Masih Zul Madun semoga kegiatan pembangunan ini menjadi manfa'at untuk masyarakat umumnya yang ada di Perum Situ Teratai RT 05 RW 03, dan insyaallah pembangunan ini berjalan dengan lancar. Tutupnya.(Amalia)

Thanks for reading Penampungan Pengelolaan Air Danau Situterate Resmi Dibangun | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Penampungan Pengelolaan Air Danau Situterate Resmi Dibangun

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *