Bupati Suhatri Bur Hadiri Pelantikan 13 PK-PABPDSI Se-Kab. Padang Pariaman

Agustus 27, 2022
Sabtu, 27 Agustus 2022



Padang Pariaman, BhinnekaNews71.Com --Bertempat di Hall Ibukota Kabupaten Padang Pariaman, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur hadiri pelantikan 13 Pengurus Kecamatan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PK-PABPDSI), Jumat (26/08).


PABPDSI merupakan organisasi induk anggota BPD/Bamus sesuai Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014, juga dipertegas melalui Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016.


Dalam sambutannya Bupati Suhatri Bur mengatakan bahwa BPD/Bamus nagari adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk nagari berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.


"Fungsi Bamus membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Nagari bersama walinagari, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat nagari, serta melakukan pengawasan kinerja wali nagari," jelas mantan Ketua Bamus Nagari Pakandangan itu.


Bamus, sambungnya, juga memiliki tugas untuk menggali, menampung, menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelenggarakan musyawarah Bamus dan musyawarah nagari, mengevaluasi laporan penyelenggaraan pemerintahan nagari, melaksanakan fungsi Bamus dan menjalin hubungan dengan lembaga lain.


"Terkait dengan tugas menjalin hubungan dengan lembaga lain, inilah salah satunya Bamus dapat membentuk forum atau organisasi persatuan anggota BPD yang kita kenal dengan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia disingkat dengan nama PABPDSI," katanya lagi.


Pada akhir sambutan Bupati yang dikenal sangat dekat dengan masyarakat ini berharap dengan adanya organisasi ini, ada peningkatan pemahaman akan tugas dan fungsi Bamus oleh setiap anggota Bamus dan meningkatkan kapasitas serta kinerja Bamus nagari dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat nagari, juga dapat melahirkan produk unggulan di setiap Nagari dan dapat mempromosikan tempat wisata khususnya di Kabupaten Padang Pariaman yang tetap mengedepankan kearifan lokal.


Sebelumnya, Ketua Pengurus Daerah PABPDSI Kabupaten Padang Pariaman Dedy Edwar mengungkapkan PABPDSI merupakan rumah gadangnya Nagari.


"Untuk itu kita tetap harmonis dan profesional dalam membangun Nagari, kita juga berharap agar jumlah kecamatan yang dilantik pada hari ini bisa bertambah," harapnya mengakhiri.


Terlebih dahulu, Ketua Pelaksana Nizamuddin melaporkan PD-PABPDSI kabupaten/kota se Sumatera Barat dilantik di Auditorium Gubernur Provinsi Sumatera Barat tanggal 11 November 2021 lalu.


"Hari ini sudah terbentuk pengurus PABDSI kecamatan sebanyak 13 Kecamatan melalui musyawarah Bamus di tingkat kecamatan, yang dilantik hari ini," tutupnya.


Pada pelantikan tersebut sekaligus juga dilakukan Rapat koordinasi Bamus se- Padang Pariaman yang turut dihadiri oleh Camat, Walinagari, Kepala KUA, se- Kabupaten Padang Pariaman, serta Kepala OPD terkait.(Rio) 

Thanks for reading Bupati Suhatri Bur Hadiri Pelantikan 13 PK-PABPDSI Se-Kab. Padang Pariaman | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Bupati Suhatri Bur Hadiri Pelantikan 13 PK-PABPDSI Se-Kab. Padang Pariaman

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *