PMI Tanggamus Launching Bank Darah di Pekon Srikaton

Oktober 20, 2022
Kamis, 20 Oktober 2022



Tanggamus, BhinnekaNews71.Com -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanggamus. Launching Bank Darah tim siaga bencana berbasis masyarakat (TIM SIBAT), di Pekon Srikaton, Kecamatan Semaka, Selasa (18/10)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Semaka yang diwakili oleh Sekcam, UPTD Puskesmas Sudimoro, serta tujuh kepala pekon di kecamatan setempat. 

Menurut Ketua PMI, Hi. Samsul Hadi mengapresiasi atas terbentuknya Bank darah, yang diinisiasi oleh TIM SIBAT, di pekon Srikaton, Kecamatan Semaka. 

Ia menerangkan tujuan dibentuknya bank darah ialah sebagai database bagi pendonor darah, yang mana nantinya akan sangat diperlukan bagi masyarakat yang tengah membutuhkan. 

”Dengan adanya bank darah di Pekon Srikaton ini, diharapkan menjadi contoh bagi pekon yang lainnya agar juga membentuk bank darah di pekonnya masing masing, terlebih manfaatnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat,”kata Samsul Hadi.

Ia menerangkan, adapun sistem bank darah nantinya ialah, masyarakat yang membutuhkan darah dapat menghubungi pihak TIM SIBAT, atau aparat pekon Srikaton. Yang mana nantinya petugas akan mengkroscek database sesuai dengan golongan darah yang dibutuhkan.

”Jika sudah ada pendonor maka ambulans desa akan diaktifkan, dan dipergunakan untuk mengantar pendonor ketempat atau rumah sakit tempat penerima donor darah,”terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengimbau kepada masyarakat khususnya di wilayah rentan bencana banjir maupun longsor, agar selalu waspada terlebih intensitas hujan sangat tinggi beberapa hari terakhir.PMI dalam hal ini lanjutnya, akan terus memberikan sosialisasi, serta upaya penanganan bantuan kepada masyarakat salah satunya banjir bandang beberapa waktu lalu di Kecamatan Semaka, PMI menurunkan tim guna membantu masyarakat.

”Saya meminta kepada masyarakat untuk terus waspada dan siaga, terlebih jika intensitas hujan turun dalam rentang waktu dan lama, utamanya masyarakat kita yang rumahnya berdekatan dengan bantaran sungai, maupun perbukitan,”tandasnya.(Rifan Yoga S)

Thanks for reading PMI Tanggamus Launching Bank Darah di Pekon Srikaton | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on PMI Tanggamus Launching Bank Darah di Pekon Srikaton

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *