Hati-hati! Modus Penipuan Baru Berkedok Kurir Paket Kirim File APK, Saldo Rekening Kalian Bisa Ludes

Desember 08, 2022
Kamis, 08 Desember 2022

Banten - Mari Bagikan Postingan ini kepada keluarga, teman dan orang-orang terdekat anda! Modus penipuan baru dengan berpura-pura menjadi kurir paket untuk mengelabui korban viral di media sosial. Tujuannya, data korban dicuri hingga membuat rekening Terbobol. 


Hal itu terungkap dalam sebuah unggahan di Instagram. Akun @evan_neri.tftt menjelaskan modus kejahatan siber baru ini bermula dengan penipu yang berusaha mengontak korban lewat WhatsApp. Rabu (07/12) 


Pelaku kemudian berpura-pura sebagai kurir J&T Express yang berusaha memverifikasi identitas penerima paket. Ia juga mengirimkan lampiran dengan nama file 'LIHAT Foto Paket'. Padahal, ekstensi datanya bukan berformat foto biasanya, seperti .jpg atau .jpeg, tapi .apk.


"Pelaku pura2 dari jasa ekspedisi lalu mengirimkan file dgn ekstensi APK. Klo tidak jeli dan hanya melihat judul file, bakal terkecoh pingin nge-klik dan unduh file nya," ungkap akun tersebut.


Sebagai catatan, file jenis APK merupakan aplikasi yang dijalankan di perangkat mobile. Biasanya, file jenis ini merupakan aplikasi yang kerap tak terdaftar di toko aplikasi resmi Play Store atau App Store.


Tak jeli memantau format file, korban mengkliknya. Hal itu membuat saldo mobile bankink-nya diklaim ludes. Padahal, korban tidak pernah menjalankan, membuka aplikasi apapun, atau mengisi user ID dan password di situs lain.



"Dalam kasus ini, korban terlanjur mengunduh file tsb. Dan tanpa diketahui korban, saldo BRIMO ludes. Korban mengaku tidak pernah menjalankan atau membuka aplikasi apapun dan mengisi user Id maupun password pada situs lain," tulis akun tersebut.(bv24) 

Thanks for reading Hati-hati! Modus Penipuan Baru Berkedok Kurir Paket Kirim File APK, Saldo Rekening Kalian Bisa Ludes | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Hati-hati! Modus Penipuan Baru Berkedok Kurir Paket Kirim File APK, Saldo Rekening Kalian Bisa Ludes

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *