Pelaksana Pembangunan Gedung PT Enes Agribisnis Diduga Tidak Terapkan K3 para Pekerja

Maret 16, 2023
Kamis, 16 Maret 2023
Tampak Pekerja tidak memakai alat pelindung dan keamanan



Serang -- Pengerjaan pembangunan gedung PT Enes Agribisnis Indonesia di Kawasan Junti Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang yang tengah berlangsung proses pengerjaan atap, namun pihak pelaksana proyek diduga tidak peka terhadap keselamatan pekerjanya. 


Dari pengamatan media ini, sejumlah pekerja tengah berada diatas atap proses pemasangan rangka baja, dan pekerja turut dibawah membantu, tanpa mengenakan alat pelindung diri atau alat keamanan (Safety), baik, Helm, sarung tangan, rompi dan sepatu dan tali pengaman, dan lainnya.


Padahal, sewaktu waktu hal tersebut dapat menimbulkan resiko dan membahayakan nyawa para pekerja, sebab sebelumnya, menurut informasi yang didapatkan, pernah terjadi insiden kecelakaan kerja di lokasi, dimana salah seorang pekerja tertimpa material bangunan yang melukai kepala pekerja, meskipun korban enggan diwawancarai media, namun ia mengakui bahwa sudah mendapatkan pengobatan dari pelaksana.


Sementara, Mandor Proyek bernama Gito, mengatakan, tidak tahu adanya kecelakaan kerja di tempatnya, dan perihal K3, Ia berasalan bahwa pekerja atap berbeda dengan pekerja lainnya," Itu pekerja orang baja Pak, kita beda, kami ada tapi pada ga mau pakai," kata Gito. Jumat (10/3/23) lalu. 


Kemudian Budi yang disebut sebagai pelaksana, mengatakan, pihaknya menyediakan sejumlah alat alat pelindung, namun pekerja ogah memakai dengan alasan panas dan tidak nyaman. 


Sementara di lapangan terpantau tidak satupun yang dibekali alat safety, baik pekerja di atap dan dibawah. 


Perlu diketahui, dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Undang-Undang terkenal sebagai aturan pokok K3. UU ini mengatur kewajiban perusahaan dan pekerja dalam melaksanakan keselamatan kerja. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 4 tahun 1987 tentang Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3)

(Red) 

Thanks for reading Pelaksana Pembangunan Gedung PT Enes Agribisnis Diduga Tidak Terapkan K3 para Pekerja | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pelaksana Pembangunan Gedung PT Enes Agribisnis Diduga Tidak Terapkan K3 para Pekerja

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *