Sambut HUT Wanita Angkatan Udara Ke - 60, Laksanakan Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga

Juli 28, 2023
Jumat, 28 Juli 2023



Jakarta - Menyambut HUT Wanita Angkatan Udara (Wara) ke - 60 di tahun 2023, panitia pelaksana Bakorda Jakarta melaksanakan kegiatan ziarah rombongan dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Nasional  Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan.


Wanita Angkatan Udara (disingkat Wara) adalah sebutan untuk prajurit wanita TNI Angkatan Udara. Wara dibentuk pada tanggal 12 Agustus 1963 dengan tujuan agar kaum wanita dapat menjadi anggota TNI AU seperti layaknya kaum pria. Kini, sudah cukup banyak perwira tinggi TNI AU berasal dari kalangan Wara.


Diawali dengan upacara ziarah dalam rangka peringatan Hari Bakti TNI AU ke - 76, yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, para Wara ikut serta dalam pasukan ziarah baik Pamen, Pama, maupun Bintara.


Hari Bakti TNI AU yang diperingati setiap tanggal 29 Juli merupakan hari bersejarah TNI AU dimana beberapa penerbang handal Angkatan Udara (Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, Komodor Muda Udara A. Adisutjipto dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo) gugur dalam misi kemanusiaan membawa bantuan alat kesehatan dan kemanusiaan untuk Rakyat Indonesia akibat pesawat Dakota VT CLA yang ditumpanginya ditembak jatuh oleh pesawat Belanda. Dengan peristiwa tersebut, setiap tanggal 29 Juli setiap tahunnya ditetapkan sebagai Hari Bakti TNI AU.


Upacara ziarah yang dilaksanakan pada hari Senin (24 Juli 2023) berlangsung dengan khidmat diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga dan diakhiri dengan tabur bunga.


Selepas upacara ziarah  peringatan Hari Bakti TNI AU ke - 76, seluruh pasukan Wara bergabung dan melaksanakan  seremonial peletakan karangan bunga dalam rangka HUT Wanita Angkatan Udara ke - 60 yang dipimpin oleh Marsda TNI Reki Irene Lumme.


Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan tabur bunga ke pusara para pejuang dan pahlawan khususnya pejuang wanita untuk mengenang, menghormati dan menauladani jasa-jasa perjuangan dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta menginspirasi generasi penerus khususnya Wanita TNI AU dimana semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan, menjadi semangat untuk terus profesional, tangguh, dan modern, dalam mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan.(*/Red) 

Thanks for reading Sambut HUT Wanita Angkatan Udara Ke - 60, Laksanakan Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Sambut HUT Wanita Angkatan Udara Ke - 60, Laksanakan Ziarah Rombongan dan Tabur Bunga

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *