Waduh ! Gedung KPU Banten Didatangi Tim Jibom Brimob Banten, Ternyata Simulasi Pelatihan Jibom

Juli 07, 2023
Jumat, 07 Juli 2023

SERANG, BHINNEKANEWS71.COM -- Personel Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Banten melaksanakan pelatihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Peristiwa (TPTKP) teror bom guna meningkatkan kesiapsiagaan dan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan keselamatan khususnya ancaman teror bom, bertempat di Gedung Kantor KPU Provinsi Banten, Jumat (07 Juli 2023).

Pelaksanaan pelatihan TPTKP teror bom adalah tindakan pertama yang dapat dilakukan oleh masyarakat atau satuan pengamanan/yang memiliki peralatan TPTKP guna mencegah timbulnya kerugian barang/jiwa yang diakibatkan oleh teror bom. 

Keterangan dari Dansat Brimob Polda Banten Kombes Pol Dede Rojudin, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan personel dalam memahami bahaya teror bom dan jenis-jenis bahan peledak guna menunjang pelaksanaan tugas dilapangan, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik dan juga rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Kegiatan simulasi penanganan ancaman teror bom ini, diasumsikan bahwa salah seorang tidak dikenal meletakkan berupa tas yang ditinggalkan, yang kemungkinan dicurigai berisi bom. 

Tim Jibom Satbrimob Polda Banten dengan segera melaksanakan olah TKP penemuan tas yang dicurigai berisi bom dan ternyata ditemukan suatu barang yang diduga bom dilokasi kejadian tepatnya di lobi masuk Gedung Kantor KPU Provinsi Banten. Hasil dari X-Ray ternyata benar barang tersebut terdapat rangkaian elektronik yang diduga rangkaian bom.

X-Ray adalah salah satu kelengkapan Tim Jibom yang bertujuan untuk membantu operator Jibom mengetahui isi dalam rangkaian yang diduga bom, agar cepat ditindaklanjuti oleh Tim Jibom.

Selanjutnya, Robot EOD mengamankan barang yang diduga rangkaian bom untuk dilakukan diskrapter. Hal ini dilakukan untuk mencerai beraikan atau membongkar isi tas dengan aman. 

"Kejadian tersebut merupakan rangkaian simulasi pelatihan yang dilaksanakan Satuan Brimob Polda Banten, dimana hal tersebut untuk peningkatan kemampuan personel Satbrimob Polda Banten khususnya kemampuan Jinak Bom," ucap Dede Rojudin.(*/Red) 

Thanks for reading Waduh ! Gedung KPU Banten Didatangi Tim Jibom Brimob Banten, Ternyata Simulasi Pelatihan Jibom | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Waduh ! Gedung KPU Banten Didatangi Tim Jibom Brimob Banten, Ternyata Simulasi Pelatihan Jibom

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *