Puluhan Hektar Sawah Di Rajeg Kekeringan, Terancam Gagal Panen

September 06, 2023
Rabu, 06 September 2023



Tangerang, -- Akibat kemarau yang berkepanjangan sawah sawah dan saluran irigasi yang biasa di aliri air dari kali cisadane mengalami kekeringan.

Karena tidak dapat pasokan air dari hulu sungai di tambah lagi dengan musim kemarau yang panjang dan tidak adanya turun hujan berdampak puluhan hektar sawah di kampung Pagedangan RT 007 RW 02 Desa Rancabango, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang mengalami kekeringan dan petani pada tahun ini terancam fuso atau gagal panen. 

Hal ini berdampak pada para petani yang akan mengalami kerugian sangat besar karna tidak dapat menghasilkan padi gabah yang di harapkan.

Dan mengacu tingginya harga beras pada masyarakat yang merupakan kebutuhan pokok sehari hari.

Apalagi dengan dangkalnya saluran air yang ada air tidak bisa mengaliri area persawahan.

Saat awak media menjumpai salah seorang petani yang berada di sawah mengungkapkan ingin segera ada solusi yang terbaik supaya saluran air ini bisa lancar lagi dan bisa mengairi area persawahan yang ada disini padinya supaya dapat di panen lebih bagus dan petani pun bisa sejahtera. 

Sisi lain, Pemerintahan Desa Rancabango ditemui di Kantornya melakukan rapat membahas tentang sawah yang kekeringan dimana di hadiri dari Dinas Propinsi Banten Bpp Sukatani, ketua kelompok tani para ketua RT RW, Kadus dan masyarakat Rancabango.

Kepala Desa Rancabango dalam sambutannya mengatakan, "Kekeringan yang ada di wilayah kita adalah tanggung jawab kita bersama mari kita sama action dan tampil untuk segera perbaiki saluran air yang dangkal supaya air dapat mengairi persawahan lagi," ujarnya, Rabu (6/8/23). 

Lanjut, "Insya allah Minggu tanggal 10 September 2023 jam 08.00.wib, kita kumpul di titik yang telah kita sepakati untuk  kelokasi saluran air bersama sama bergotong royong membersihkan saluran air yang mampet sampah sampah yang berserakan di saluran air dan rumput yang menutupi saluran air.

"Untuk itu saya mohon kepada ketua kelompok tani untuk.membawa anggota kelompok tani minimal satu kelompok 20 orang.di Rancabango ada 4 kelompok tani.dan insya allah akan di bantu oleh perangkat desa yang ada di Desa Rancabango," tutupnya.

(H.Upi) 

Thanks for reading Puluhan Hektar Sawah Di Rajeg Kekeringan, Terancam Gagal Panen | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Puluhan Hektar Sawah Di Rajeg Kekeringan, Terancam Gagal Panen

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *