Pemprov Banten Diskusi Bersama Forum Wartawan KP3B Bahas Kawasan Geopark Bayah Dome

November 15, 2023
Rabu, 15 November 2023




Serang, -- Forum Wartawan KP3B adakan diskusi bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Banten Kepala Biro Administrasi Pimpinan dan Protokol Beni dan

Plt. Kepala Dinas ESDM Deri Dariawan membahas Kawasan Geopark Bayah Dome  Bayah di Gedung Plaza Aspirasi (15-11-2023).


Dalam diskusinya Ketua Forum Wartawan KP3B 'M Dz Toha, menuturkan perlunya kolaborasi antara pemerintah  daerah dengan media massa untuk dapat mensosialisasikan pentingnya konservasi alam untuk kehidupan serta untuk ekonomi yang berkelanjutan. 



Disambung Plt Kadis ESDM Deri Dariawan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten saat ini tengah fokus dalam penataan seluruh Objek Daya Tarik Wisata (ODTW),

 yang berada di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak bakal menjadi objek wisata baru yang potensial. Dengan status sebagai geopark bayah dome secara otomatis akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Lebak. 


Dengan peningkatan kujunggan wisatawan tersebut, perlu langkah konkrit untuk mengubah pola pikir masyarakat dari ekstraksi ke konservasi dimana selama ini masyarakat sudah terbiasa dengan pola ekstraksi atau penambangan walaupun pada dasarnya masyarakat tersebut hanya sebatas pekerja semata. 


Disini lah  salah satunya di Kabupaten Lebak yang saat ini sudah memasuki tahap akhir, yakni menunggu surat rekomendasi dari Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) untuk mengimplementasikan pengembangan kawasan Geopark Dome.


Proses pengajuan pengembangan kawasan itu sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu oleh Pemerintah Kabupaten Lebak. Delineasi kawasan Geopark Bayah Dome yang mencakup 15 kecamatan meliputi 179 desa dan 5 kelurahan dengan luas 201.537 Hektar yang telah mempertimbangkan aksesibilitas dan visibilitas serta keberadaan potensi Warisan Geologi, Keragaman Geologi, Keanekaragaman Hayati, dan Keragaman Budaya.


“Setidaknya ada 32 lebih warisan geologi yang menjadi ODTW di kawasan Geopark Bayah Dome. Dari jumlah itu saat ini kami sudah melakukan penataan terhadap delapan ODTW yang ada, salah satunya  Goa Sangiang,” 


Ditambahkan Nani Sumarni anggota Forum untuk Geopark Ujung Kulon meminta Pemprov Banten dapat mangajak elemen media masa untuk berkunjung langsung agar lebih mengedukasi.


Kepala Biro Adpimpro ' Beni' Insyallah tahun depan kegiatan Forum Wartawan KP3B akan bersinergi dengan Pemprov Banten tutupnya.(*/Red) 

Thanks for reading Pemprov Banten Diskusi Bersama Forum Wartawan KP3B Bahas Kawasan Geopark Bayah Dome | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pemprov Banten Diskusi Bersama Forum Wartawan KP3B Bahas Kawasan Geopark Bayah Dome

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *