Pencanangan Kampung Siaga TBC Walikota Jakarta Utara Peringati Hari Tuberkulosis Se-Dunia

Mei 14, 2024
Selasa, 14 Mei 2024



Jakarta, - Peringatan Hari TBC tahun 2024, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara mencanangkan Kampung Siaga TBC di RPTRA Manunggal Juang, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Senin (13/5/24) 


Dalam hal ini Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menuturkan, momen tersebut juga dilakukan kegiatan dialog interaktif, pelayanan kesehatan rontgen paru, pemberian penghargaan kepada fasilitas kesehatan terbaik, dan deklarasi komitmen kelurahan siaga TBC untuk Jakarta Utara bebas TBC.


Konsep yang diusung dalam siaga TBC di Jakarta Utara yaitu Barisan Masyarakat Peduli (Basmi) TBC dengan Jaring Ikan Sepat atau Jalin Kolaborasi Lintas Sektor, Aktif Skrining, Investigasi Kontak, Perbaikan Gizi, Kelompok Dukungan Sebaya, Penyehatan Lingkungan, dan Pemberian Terapi Pencegahan dan Imunisasi.


Peringatan Hari TBC yang bertemakan Gerakan Indonesia Akhiri TBC merupakan sebuah harapan agar masyarakat Indonesia bergerak saling mendukung dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah TBC. Ia mengungkapkan kegiatan pencanangan ini sebagai bentuk komitmen untuk mencapai eliminasi TBC di tahun 2030, ujar Maulana Hakim.


Kampung Siaga TBC yaitu dimana setiap kelurahan ada satu RW yang menjadi percontohan. Setiap petugas atau relawan terkordinasi bersama dengan unsur lainnya dalam melakukan upaya penanggulangan TBC melalui TOSS (Temukan, Obati Sampai Sembuh) TBC.


Kepada seluruh pihak agar dapat bekerjasama dan mendorong masyarakat agar melakukan deteksi dini TBC sehingga bisa segera diobati dan tidak menularkan ke orang disekitarnya, harap Ali.


Pada kesempatan ini turut hadir anggota lmk 2 priode sekaligus Calon Dewan Kota Jakarta Utara H.Fahrul Rozi yang biasa disapa Haji Alung pemuda berbakat di wilayahnya mempunyai visi dan misi, menciptakan kota yang sejahtera bagi warga nya dan misi kedepannya adalah meningkatkan kwalitas infrastruktur sebagai fasilitas pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. (DPM) 

Thanks for reading Pencanangan Kampung Siaga TBC Walikota Jakarta Utara Peringati Hari Tuberkulosis Se-Dunia | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pencanangan Kampung Siaga TBC Walikota Jakarta Utara Peringati Hari Tuberkulosis Se-Dunia

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *