Commander Wish Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto

Agustus 15, 2024
Kamis, 15 Agustus 2024

 






Serang - Mengawali pelaksanaan tugas sebagai Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto mengeluarkan kebijakan. Hal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi serta langkah Program Kerja Polda Banten ke depan terkait pelaksanaan tugas Kepolisian dalam pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat untuk menciptakan diwilayah Hukum Polda Banten yang kondusif.


Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto menjelaskan tujuan dari Commander Wish. “Kapolda Banten mengeluarkan kebijakan berupa Commander Wish yang bertujuan untuk menyampaikan Harapan Kapolda Banten kepada seluruh personel Polda Banten,” katanya.


Dalam hal ini, Kapolda Banten mengeluarkan beberapa program kegiatan. “Commander Wish Kapolda Banten diantaranya Warung Bhabinkamtibmas atau Warbin, Pecak atau Pergelaran Cepat Anggota Kepolisian Polda Banten dan Poliran atau Polisi Peduli Pengangguran,” ucapnya.


Pertama Didik menjelaskan program Warung Bhabinkamtibmas yang bertujuan untuk tempat menyampaikan saran dan masukan dari warga. “Warung Bhabinkamtibmas atau Warbin bertujuan untuk sarana tempat berkumpulnya warga untuk menyampaikan keluhan, saran, masukan kepada Babinkantibmas desa nya namun dengan suasana yang santai dan leluasa sebagaimana keseharian masyarakat berkumpul di warung, fungsi dari kegiatan ini adalah untuk menjaring informasi yang berkembang di masyarakat dan menjadi garda terdepan dalam penyelesaian masalah yang ada di lingkungan warga terpencil agar tidak berkembang menjadi masalah yang lebih besar dan dapat mengganggu Harkamtibmas,” jelasnya. 


Program kedua adalah Pecak Polda Banten dimana Polri harus hadir ditengah masyarakat, kata Didik. “Pecak Polda Banten atau Pergelaran Cepat Anggota Kepolisian yaitu kehadiran Polri merupakan Representasi Negara khususnya di situasi sulit yang digolongkan dalam kegiatan Quick Response datang ke TKP, Gatur Lalin pagi dan Sore ditempat rawan macet dan tempat wisata, Penanganan cepat musibah atau bencana alam,” tuturnya. Kamis (15/8/24). 


Program ketiga yaitu Poliran dimana Polda Banten membantu masyarakat yang belum mempunyai perkejaan dengan peran merekrut, melatih dan menyalurkan. “Poliran atau Polisi Peduli Pengangguran, berdasarkan hasil Sensus Penduduk 2020 jumlah penduduk di Provinsi Banten mencapai 12,43 juta jiwa, dengan hasil Survey Angkatan Kerja Nasional atau Sakernas 2023 mencatat bahwa terdapat 5,97 juta penduduk tergolong sebagai angkatan kerja, dimana 7,5 % atau 450 ribu pengangguran dan ini merupakan permasalahan yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas, berdasarkan data tersebut Kapolda Banten mengambil kebijakan untuk peduli terhadap pengangguran, maka salah satu solusi dengan melaksanakan 3M yaitu Merekrut, Melatih dan Menyalurkan, dengan harapan dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah Hukum Polda Banten,” jelasnya.


Dengan Motto Jadilah Polisi Hebat, Kapolda Banten menjelaskan bahwa Polri adalah sosok yang dapat diandalkan, serba bisa, tepat waktu, menjadi tauladan dan terbaik juga menjadi sandaran masyarakat.


*Hebat* mempunyai beberapa arti dari setiap kata yang dicantumkan yaitu :

H : Humanis

E : Eksis

B : Bermanfaat

A : Antisipatif

T : Tegas


*Humanis* : Menjungjung tinggi nilai kemanusiaan, sifat sopan santun dan sikap berwibawa dalam menjaga marwah institusi.


*Eksis* : Senantiasa hadir ditengah masyarakat untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan.


*Bermanfaat* : keberadaan anggota Polri memberikan manfaat dan bantuan kepada masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.


*Antisipatif* : Sikap Prediktif dan Responsif dalam menghadapi permasalahan dan mampu beradaptasi dalam berbagai perubahan.


*Tegas* : Tindakan yang jelas dan benar dalam mengambil keputusan yang cepat dan terukur


Didik mengatakan Kapolda Banten berpesan kepada seluruh personel untuk semangat dalam melakukan pekerjaan. “Kapolda Banten juga memberikan pesan kepada seluruh personel Polda Banten bahwa sebagai prajurit Bhayangkara harus memiliki rasa bangga, rasa syukur, penuh semangat dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas,” pesannya.


Terakhir Didik berharap kepada seluruh personel untuk memahami dan melaksanakan tugas sesuai dengan Commander Wish Kapolda Banten. “Agar para personel Polda Banten dan Polres jajaran memahami arahan commander wish dari bapak Kapolda Banten dan mampu melaksanakannya dengan ikhlas, semangat dan jadikan semua tugas dan pengabdian untuk masyarakat sebagai ladang ibadah,” tutupnya (*/Red) 

Thanks for reading Commander Wish Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Commander Wish Kapolda Banten Irjen Pol Suyudi Ario Seto

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *