Demi Untung Besar, PT INOVASI MULTI KREASI Pelaksana Pembangunan Ruang Laboratorium IPA SMP N 2 CIKUPA Tidak Dibekali APD dan K3

Agustus 19, 2024
Senin, 19 Agustus 2024


Tangerang, - Pembangunan Ruang Laboratorium IPA SMP NEGERI 2 CIKUPA diduga sarat pelanggaran, dari kasat mata, awak media, minimnya pengawasan dari pelaksana dan diduga pekerja tidak dibekali Alat pelindung diri (APD) atau penerapan K3 dalam sebuah aktivitas kontruksi atau bangunan. 



Berdasarkan Papan informasi pekerjaan (PIP) Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, PT INOVASI MULTI KREASI yang dipercaya melakukan pembangunan tersebut tidak menerapkan kerangka acuan kerja (KAK) dalam kenyamanan, kesehatan dan keamanan pekerja.


Besaran anggaran dalam pelaksanaan tersebut senilai Rp 647.714.000, dengan masa waktu kerja 75 hari kalender. Adapun dana bersumber dari APBD Kabupaten Tangerang TA 2024.


Saat awak media mendatangi lokasi kegiatan, nampak para pekerja abaikan safety pengaman sebagai acuan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3).


 "Saya baru seminggu kerja di sini, untuk Mandor atas nama Ade. Saya asal Lampung dan Ade sebagai Mandor jarang kesini" ujar salah satu pekerja saat dikonfirmasi, Minggu (18/08/2024).



Saat ditanya kenapa tidak memakai APD (Alat Pelindung Diri), pekerja tersebut diam dan tidak berkomentar.

Diduga mandor pelaksana tidak memberikan arahan yang baik pada pekerja, sehingga para pekerja dibiarkan tanpa ada pembinaan.

Padahal mengacu pada aturan K3 adalah 

K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) ini diatur dalam Undang-Undang sebagai berikut: -Keselamatan kerja diatur dalam UU No.1 Tahun 1970. -Kesehatan diatur dalam UU No.23 Tahun 1992. -Ketenagakerjaan diatur dalam UU No.13 Tahun 2003.


Jika aturan diatas tidak di fungsikan dengan benar, lalu untuk apa undang-undang K3 dibuat?


Sampai terbitnya berita ini pada hari Senin 19/08/2024, Ade yang Notabene nya sebagai Mandor belum dapat di jumpai untuk di konfirmasi.


(Taswan)

Thanks for reading Demi Untung Besar, PT INOVASI MULTI KREASI Pelaksana Pembangunan Ruang Laboratorium IPA SMP N 2 CIKUPA Tidak Dibekali APD dan K3 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Demi Untung Besar, PT INOVASI MULTI KREASI Pelaksana Pembangunan Ruang Laboratorium IPA SMP N 2 CIKUPA Tidak Dibekali APD dan K3

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *