Polres Serang Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H di Masjid As Salam Polres Serang

Agustus 08, 2024
Kamis, 08 Agustus 2024



SERANG - Shalat merupakan kewajiban bagi pemeluk agama Islam. Mengingat betapa pentingnya shalat maka setiap umat muslim diwajibkan shalat. Kewajiban itupun berlaku bagi muslim ataupun muslimah tetap diwajibkan shalat.


Pernyataan itu diungkapkan Ustadz Komarudin, tokoh agama dari Kecamatan Kragilan saat berceramah di Masjid As-Salam Polres Serang dalam peringatan tahun baru Islam 1446 Hijriyah, Kamis (8/8/2024).


"Umat Islam wajib melaksanakan shalat, tidak terkecuali yang sakit. Apabila tidak mampu berdiri bisa duduk atau tiduran sesuai ketentuan yang telah diatur," kata ustadz Komarudin.


Sabda Rasulullah SAW, kata Komarudin, shalat itu seperti sebuah tiang di dalam agama". "Diibaratkan seperti sebuah rumah, jika tidak mempunyai tiang maupun tembok sebagai penyangga pasti roboh dan tidak dapat berdiri," ujarnya.


Kewajiban lainnya yang harus dilakukan yaitu sebagai muslim yang baik berbakti kepada orang tua. Taat dan berbakti kepada orang tua adalah sikap dan perbuatan yang terpuji serta melaksanakan perintah dari keduanya.


"Apabila kedua orang tua kita sudah meninggal dunia, kita tetap harus berbakti yaitu dengan mendoakan," kata Komarudin.


Terkait pergantian tahun adalah momen refleksi dan evaluasi. Muharram sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriyah, mengingatkan pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Hijrah bukan sekadar perpindahan fisik, tetapi juga transformasi spiritual dan sosial yang mendalam. 


"Pertama, hijrah mengajarkan kita tentang pentingnya pengorbanan. Kedua, hijrah mengajarkan kita tentang tekad dan ketabahan. Ketiga, hijrah mengajarkan kita tentang pentingnya persaudaraan dan kerja sama," jelasnya.


Acara peringatan Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M dihadiri seluruh Pejabat Utama, para perwira serta serta seluruh personil.(*/Red) 

Thanks for reading Polres Serang Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H di Masjid As Salam Polres Serang | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Polres Serang Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H di Masjid As Salam Polres Serang

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *