Tidak Ada PIP, Proyek SAB di Kp Lobang Sukamurni Balaraja Diduga Siluman, Siapa yang Bertanggung Jawab

Agustus 10, 2024
Sabtu, 10 Agustus 2024

 


KABUPATEN TANGERANG,, -- Pembangunan Saluran Air Bersih (SAB) yang tengah dikerjakan di Kp Kampung Lobang, Desa Sukamurni, Kecamatan Balaraja, Tangerang, diduga sarat pelanggaran dan terindikasi manipulasi anggaran.

Pasalnya, pembangunan SAB tersebut tidak mencantumkan papan nama proyek atau papan informasi pekerjaan (PIP) sebagaimana diatur dalam UU Informasi Publik, Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah.


Seperti Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (Permen PU 29/2006) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (Permen PU 12/2014).


Adapun secara teknis, aturan tentang pemasangan papan pengumuman proyek biasanya diatur lebih detail oleh masing-masing provinsi. Berarti jika di lapangan terdapat sebuah proyek yang tidak menyertakan papan pengumuman proyek, sudah jelas menabrak aturan. Bahkan patut dicurigai proyek tersebut tidak dilaksanakan sesuai prosedur sejak awal.


Dari hasil investigasi, Kartusi akrab disapa Sugeng Kabidkam DPP perkumpulan LSM TRISULA bakti Nusantara, bahwa dalam pelaksanaan bangunan SAB tersebut sarat pelanggaran, dan diduga tidak terbuka soal anggaran dan volume bangunan.

"Kami kelokasi tidak temukan Papan proyek, Siapa pelaksana nya, anggaran berapa, sumber pekerjaan dari dinas mana, serta spek dan volume nya berapa kita masyarakat tidak tahu," ujar Sugeng. Jum'at, (9/8/12)



Sementara para pekerja tidak dilengkapi dengan alat pelindung diri atau K3 sebagai pedoman keselamatan para tukang.


"Tukang ga ada APD, lalu kemarin saat kita konfirmasi dijanjikan hari ini, Sabtu (10/8/24) pihak pelaksana ingkar untuk dipertanyakan," katanya.

Sugeng juga mendapatkan keluhan warga yang keberatan dengan lokasi pembangunan, sebab di titik Dapur dekat milik warga, dan disebut selama pekerjaan berlangsung di Bos belum ada sumber air. 


Hingga berita dimuat, Pekerjaan tersebut belum diketahui darimana berasal dan siapa yang bertanggung jawab atas Proyek Siluman tersebut, namun awak media akan menggali informasi kepada ke Pihak Dinas Sumber Daya Air atau Dinas Perkumpulan Kabupaten Tangerang.(Red)

Thanks for reading Tidak Ada PIP, Proyek SAB di Kp Lobang Sukamurni Balaraja Diduga Siluman, Siapa yang Bertanggung Jawab | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Tidak Ada PIP, Proyek SAB di Kp Lobang Sukamurni Balaraja Diduga Siluman, Siapa yang Bertanggung Jawab

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *