Kegiatan Tembok Penahan Tanah di Desa Mekar Baru Kopo Diduga Menggunakan Material Bekas

September 21, 2024
Sabtu, 21 September 2024


Kabupaten Serang || Kegiatan yang sedang berlangsung yaitu Pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berlangsung di Kampung Pasir Situ RT 01, yang masuk wilayah Desa Mekar Baru Kecamatan Kopo Kabupaten Serang, diduga menggunakan material bekas, Sabtu 21/09/2024).


Kegiatan tersebut adalah menembok  bibir /samping saluran kali sebagai pertahanan tanah untuk mengantisipasi longsor /abrasi.


Penuturan salah satu pekerja  yang tidak menyebutkan namanya, yang berada dilokasi menyebutkan " Kegiatan ini milik orang Serang, namanya tidak tahu, dia kesini paling  sebentar doang lalu pergi lagi" ujarnya Sabtu (21/9/24). 


Disinggung terkait anggaran dan material jenis batu bekas yang dipasang lagi, dia pun menambahkan" Untuk Dinas yang menurunkan anggaran tidak tahu dari Dinas mana, karena saya hanya pekerja borongan saja, dan batu sisa bongkaran itu kita pasang lagi dan di siasati, dan ada yang tidak dibongkar sekiranya masih bisa dipakai mah"  Akhiri nya sambil meninggalkan awak Media melanjutkan pekerjaannya lagi.



Lemahnya kontrol dan pengawasan, serta peran fungsi Dinas yang mengucurkan anggaran, sehingga diduga pihak pemborong/pelaksana melakukan praktek kotor (Curang-red) dalam berlangsungnya kegiatan tersebut.

Nampak bahan material bekas jenis batu dari pasangan lama hanya ditutup plesteran yang baru, seolah nampak ketika dipasang plesteran dan acian semen, kesannya hasil pekerjaan baru.


Sejauh ini Keterbukaan Informasi Publik (KIP) belum terpampang /terpasang.

Sehingga publik bertanya-tanya dari dinas mana kegiatan tersebut, dan berapa anggaran yang dikucurkan, serta berapa volume kegiatan dalam pekerjaan tersebut?

Jangan seolah-olah kegiatan tersebut hasil gotong royong masyarakat, padahal kegiatan tersebut wajib menjabarkan rincian secara detail jenis pekerjaan tersebut, agar publik dapat mengetahuinya.


Hingga terbitnya berita ini, belum ada satu pun yang bisa dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut. Diduga pelaksana main petak umpet dalam kegiatan tersebut, sehingga semuanya bungkam / tidak tahu.


(Taswan)

Thanks for reading Kegiatan Tembok Penahan Tanah di Desa Mekar Baru Kopo Diduga Menggunakan Material Bekas | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Kegiatan Tembok Penahan Tanah di Desa Mekar Baru Kopo Diduga Menggunakan Material Bekas

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *