Vitasi Unesco Creative City Network (UCCN) di Desa Ancol Pasir Kecamatan Jambe

September 30, 2024
Senin, 30 September 2024


TANGERANG, - Tim Penilaian Nasional (Panselnas), Unesco Creative City Network (UCCN), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Melakukan Visitasi atau Kunjungan Didesa Ancol Pasir, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Sabtu,(28/9/24).


Acara Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Panselnas,Luhur Fajar Martha beserta UNESCO dan tim, Perwakilan dari Bappeda ibu Upit Kurniasih beserta tim, Perwakilan dari Kodim 05/10 Tigaraksa, Kapolsek Tigaraksa, Camat Jambe Bpk. H. Chaidir, S.Sos, M.Si, kepala desa Ancol pasir H. Apang S.ip, Para Kepala Seksi dan Kepala Sub Bagian serta seluruh staf Kantor Desa Ancol Pasir, Tokoh Agama dan Jajaran Masyarakat Kreatif Pengrajin Anyaman Bambu.


Tim Panselnas UCCN serta Tim UNESCO yang didampingi oleh ibu upik, Camat Jambe, Pak kades Ancol Pasir serta Rombongan Lainnya, Langsung Mengunjungi beberapa Titik atau tempat kreatifitas masyarakat desa Ancol Pasir Pengrajin Topi atau kopiah Anyaman 

Bambu.


Kabupaten tangerang masuk sebagai 4 Calon Kota Kreatif yang bakal di usul oleh pemerintah Indonesia ke UNESCO.

" Yang Mana kini masih Tahap Proses Seleksi, yang nanti akan ketemu dua Kabupaten atau Kota untuk diusulkan menjadi kota kreatif dunia dari Indonesia ", Ucap Luhur Fajar Martha Ketua Tim Panselnas.


Disela-sela waktu yang sama ditemui awak media, Ibu Upit Kurniasih Perwakilan dari BAPPEDA Menyampaikan " Bahwasanya, ini Visitasi atau Kunjungan UCCN yang Ketiga dan Tahapan Penilaian Seleksi Alhamdulillah, kita (Kabupaten Tangerang) sudah masuk 4 Besar dan dari 4 besar ini, Keluar 2 kabupaten daerah atau kota yang nanti dikirim ke UNESCO Dan Semoga Kitalah (kabupaten tangerang) yang Terpilih atau Masuk 2 Besar Tersebut, Tuturnya.


Harapan dari kami tim penilai, semoga ini akan terus berkembang dan Kreativitas yang didorong dari usaha bambu ini akan semakin meningkat inovasi kreativitasnya, " oleh karna itu kami mau melihat kesiapan dari elemen masyarakat, komunitas kemudian pelaku bisnis usaha dan tentunya dengan bersama-sama Berkolaborasi untuk membangun Ekonomi bagi mata pencaharian masyarakat dengan didukungnya inovasi dan kreativitas yang terus aktif ", tambahnya.


Serta Camat Jambe juga menyampaikan ke awak media " Terkait Kabupaten Kota Kreatif alhamdulillah Kabupaten Tangerang masuk Nominasi 4 besar yang mana ini masih akan di tindaklanjuti oleh tim penilai dan mudah mudahan kita (kabupaten tangerang) ini bisa masuk ke tingkat yang lebih tinggi dan Hari ini ada beberapa titik tempat yang dicek oleh tim Supervisi diantaranya Kecamatan Balaraja, Sukamulya, Jayanti, Tigaraksa Dan Kecamatan Jambe.Ya mudah Pemerintah Kabupaten Tangerang ini Menjadi Kota Kabupaten Kreatif se-Indonesia ", Ucapnya.


Salah satu Masyarakat Pengrajin Anyaman Bambu, Bapak Sutarman Menyampaikan juga pada awak Media " bahwa kegiatan kreatif anyam bambu ini sudah diajarkan oleh nenek kake kita, sejak Sekolah Dasar (SD) dan alhamdulillah sampai saat ini ilmu yang diberikan dari orang tua kita masih ingat dan digunakan juga pada masyarakat sekitar untuk menjadi kreativitas yang Baik dan Bagus. Anyaman dari Bambu ini kita banyak produknya salah satunya seperti Topi dan Kopiah ", Ucapnya.


Pemerintah Kabupaten tangerang memberikan Apresiasi kepada kita dan alhamdulillah dari apresiasi tersebut diwajibkan PNS menggunakan Kopiah Hasil Anyaman Yang Kami buat, serta membantu Kami juga Meningkatkan Ekonomi masyarakat khusus warga Desa Ancol Pasir ini Dan terakhir, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Lurah Apang,S.ip yang sudah Support kami, sehingga kami bisa masuk ke Perekonomian Nasional, Tutupnya. (*/Red) 

Thanks for reading Vitasi Unesco Creative City Network (UCCN) di Desa Ancol Pasir Kecamatan Jambe | Tags:

Latest
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Vitasi Unesco Creative City Network (UCCN) di Desa Ancol Pasir Kecamatan Jambe

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *